Connect with us

Keamanan

Prabowo Akan Kirim Taruna Sebagai Simbol Persaudaraan Dengan Malaysia

Menhan RI Prabowo dan Menhan Malaysia Mohammad bin Sabu. (Ft. Dok)

Newstara.com JAKARTA – Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Malaysia Mohammad bin Sabu baru saja melakukan pertemuan bilateral kedua negara dan membahas isu-isu strategis. Dan Prabowo berjanji akan mengirimkan taruna ke Malaysia sebagai simbol persaudaraan kedua negara.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Menhan Malaysia memuji kematangan demokrasi di Indonesia terkait bersatunya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo setelah bertarung di Pilpres 2019. Selain itu, Menhan Malaysia berharap penunjukan Prabowo di kabinet bisa membawa kebaikan bagi ASEAN.

“Menhan Malaysia berharap dengan ditunjuknya Pak Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di Indonesia akan membawa kebaikan bukan hanya untuk Indonesia-Malaysia, tapi juga seluruh ASEAN, di mana negara ASEAN bisa saling membantu dalam pengembangan teknologi pertahanan,” tutur Dahnil dalam keterangannya, pada Kamis (14/11/2019) di Jakarta.

Dahnil mengatakan bahwa Prabowo dan Menhan Malaysia akan berada di Bangkok pekan ini dalam rangka mengikuti 6th Ministry of Defense Meeting Plus. Dalam pertemuan itu, Dahnil menyebut Prabowo menyampaikan kontribusi Indonesia untuk menjaga perdamaian.

“Menhan Malaysia mengatakan negara mayoritas Islam di Asia Tenggara damai dan saling membantu menjadi contoh bagi negara mayoritas Islam yang lain di dunia dan Pak Prabowo menyatakan bahwa kontribusi Indonesia dan Malaysia sangat dibutuhkan untuk menjaga perdamaian tersebut dan menunjukkan wajah negara-negara mayoritas Islam di ASEAN sebagai negeri yang cinta damai,” ujarnya.

“Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat baik dari pihak Malaysia. Demi membangun hubungan yang lebih erat dengan Malaysia, Prabowo akan mengirimkan taruna. Dan akan terus mengedepankan cara-cara yang baik dalam memecahkan masalah antarbangsa. Bertekad membangun hubungan erat dengan Malaysia, akan mengirim cadets (taruna) untuk belajar di Malaysia sebagai bentuk simbol persaudaraan dan saling berbagi pengetahuan, kebudayaan dan kemampuan militer,” tambah Dahnil.

Dahnil menyebut Menhan Malaysia menyampaikan salam dari Raja Malaysia untuk Prabowo, dan menyampaikan pentingnya kerja sama pemberantasan perompak dan teroris antara Indonesia dan Malaysia serta Filipina serta terkait ibu kota baru Indonesia yang akan berdampak baik untuk wilayah Malaysia yang dekat dengan ibu kota baru (Sabah).

“Menhan Prabowo juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk rakyat Malaysia dan para Raja Malaysia serta Perdana Menteri Malaysia,” ujar Dahnil.

Reporter: Mufreni

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keamanan