Connect with us

Pilkada KTT

Adat Ulun Pagun, Begini Pernyataan Markus dan Hamjah Soal Pepadau

Newstara.com TANA TIDUNG – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang di usung oleh Partai Demokrat, PDIP dan didukung oleh Partai Gelora ini ternyata sangat menghormati nilai-nilai budaya serta kebiasaan adat istiadat Ulun Pagun. Dimana, adat menurunkan Pepadau ke sungai Sesayap, lalu Meligai dan Kelangkang untuk perwujudan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam perhelatan akbar yang akan di ikuti oleh pasangan ini.

Calon Bupati Kabupaten Tana Tidung, Markus mengatakan bahwa sesuatu yang sangat baik dalam rangka untuk menghargai adat dan budaya daerah, sehingga untuk meminta restu dari para orang tua, sesepuh hingga para tokoh adat maka sangat perlu dilakukan ketiga prosesi adat tersebut.

“Kita sama-sama dari daerah baik saya dan pak Hamjah, ingin meminta restu dari orang tua kita, dan kita berharap mereka menyetujui kita untuk maju
dalam Pemilukada Tana Tidung ini,” tutur Markus kepada Newstara.com pada Minggu sore, (12/07/2020) di Tana Tidung.

“Kita berharap dalam Pemilu kali ini akan tercipta situasi yang kondusif, damai dan persaudaraan yang terus terjalin, baik dengan masyarakat dan kader kita,” sambungnya.

Markus menyebutkan dalam prosesi ketiga adat ini adalah merupakan prosesi yang paling mendasar sebelum pihaknya mengikuti Pilkada Tana Tidung, dan setelah itu maka meminta ijin dari partai politik untuk kapan dilaksanakan deklarasi pencalonan.

“Iya setelah ini maka kami memintapetunjuk dari parpol juga untuk kami melakukan deklarasi pencalonan, mudah-mudahan tidak begitu lama kami sudah harus segera deklarasi,” ucapnya.

Sementara, Calon Wakil Bupati Tana Tidung, Hamjah. M mengatakan bahwa adat istiadat prosesi ini merupakan dasar atau awal sebelum melaksanakan kegiatan besar. Sehingga, sebelum memulai deklarasi atau menyatakan maju dalam Pilbup Tana Tidung maka kedua pihak meminta ijin untuk mendapat restu.

“Kalau kita lihat begini untuk adat kita yakni leluhur kita dulu sebelum melaksanakan kegiatan maka inilah yang akan dilakukan mereka, sehingga perjalanan niat suatu pekerjaan dan lain-lain bisa lancar,” ucapnya Hamjah.

“Iya betul, nanti pak Markus begitu juga ada juga proses mereka untuk adat, ada acara tersendiri sebelum deklarasi nanti,” tutupnya.

Reporter: Abd Syukur

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada KTT