Connect with us

Bulungan

Akibat Abrasi Jalan Longsor, Warga Tengkapak Ingin Segera Diperbaiki

Newstara.com TANJUNG SELOR – Akibat abrasi sungai, akses jalan utama yang biasa digunakan warga untuk beraktifitas di Desa Tengkapak, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, nyaris putus.

Hingga Selasa siang, setengah ruas jalan dengan panjang 10 meter telah longsor. Kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan, Terlebih jalan umum ini masih digunakan masyarakat setempat.

Terkait kondisi itu, Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Tengkapak, Abdul Wahab mengakui, jika abrasi sungai di desanya sudah terjadi sejak sekitar sepekan terakhir. Penyebab utamanya dimungkinkan karena faktor alam.

Kondisi tanah terkikis akibat gelombang air sungai yang terjadi setiap hari. Sehingga mengakibatkan abrasi yang memakan hampir separuh jalan yang berada di bantaran sungai tersebut.

“Kondisi ini murni faktor alam. Itu juga sudah dilaporkan ke pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten. Sudah ada dari Dinas PU Kabupaten dan Provinsi yang mengecek ke lokasi”, tutur Abdul Wahab.

Dikatakannya lagi, akan segera mengupayakan perbaikan darurat dalam waktu dekat ini untuk jalan yang rusak, salah satunya secara swadaya oleh masyarakat Tengkapak.

“Infonya, untuk sementara ini akan dilakukan perbaikan darurat. Kami juga sudah melakukan perbaikan secara swadaya antara warga Tengkapak dengan perusahaan. Rencananya, besok warga dengan pihak perusahaan akan kembali melakukan kerja bakti di lokasi longsor itu”, sambungnya.

Seperti diketahui, ruas jalan tersebut merupakan penghubung tujuh RT di desa Tengkapak. Badan jalan diperkirakan tersisa sekitar 2 meter dari total lebar jalan kurang lebih 6 meter.

Sebagai akses jalan utama, Abdul Wahab berharap kepada Pemerintah kabupaten maupun provinsi bisa segera melakukan perbaikan secara permanen.

“Kita berharap agar segera diperbaiki. Mana yang cepat lah, Kabupaten atau Provinsi. Yang pasti warga berharap jalan ini bisa segera diperbaiki dan digunakan dengan aman oleh warga”, pungkasnya.

Reporter : Hendi Rustandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Bulungan