Connect with us

Bulungan

Ancaman Abrasi Jelarai Dan Selimau, Wabup Ingkong Ala Turun Tangan

Newstara.com TANJUNG SELOR – Ancaman ambruknya sejumlah material Sheet pile atau Dinding Turap Beton disejumlah tepian sungai di Kabupaten Bulungan, menjadi salah satu perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bulungan. Bahkan, Wakil Bupati Ingkong Ala memiliki program untuk mengatasinya.

Sekedar informasi, saat ini sejumlah turap mengalami dekradasi dan beberapa material terjadi longsor dan jebol, sehingga air sungai secara pelan tapi pasti mulai ter-abrasi ke badan jalan yang menyebabkan longsor secara berkepanjangan. Kondisi tersebut menghawatirkan karena akses jalan warga akan terputus. Kondisi itu terjadi di tepian sungai Desa Selimau dan Desa Jelarai Selor, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala menyebutkan tahun anggarab 2021, melalui Dinas Pekerjaan Umum Bulungan menargetkan akan menyelesaikan sheet pile atau dinding turap beton yang telah ambruk sejak beberapa tahun lalu.

“Untuk perbaikan dan pemasangan sheet pile di sejumlah tempat itu, membutuhkan dana mencapai Rp 70 miliar,” tutur Ingkong Ala kepada Newstara.com pada Sabtu sore, (08/05/2021) dikediamannya.

Namun, Ketua DPD Hanura Kaltara ini belum bisa memastikan kapan rencana tersebut dapat terealisasi, karena harus menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, baik APBD Bulungan dan APBD Provinsi Kaltara. Pasalnya, dengan anggaran hampir mencapai Rp 70 miliar tersebut maka harus di bantu keuangan dari Provinsi.

“Jika melihat kondisi APBD Bulungan, dibutuhkan dukungan anggaran baik dari Pemprov Kaltara maupun pemerintah pusat. Karena tidak semua pekerjaan ini bisa tertangani kalau mengunakan APBD Bulungan saja,” ucapnya.

Ingkong menyebutkan, ada dua pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut, yakni pembangunan Sheet Pile dan perbaikan jalan yang lama tidak diperbaiki akibat longsor abrasi sungai. Sehingga, menurut konsultan maka dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Hasil peninjauan tim kerja, terdapat beberapa titik abrasi di Desa Salimbatu, Tanjung Palas Tengah, Lebong, Teras Baru, Antutan, Pejalin di Kecamatan Tanjung Palas, serta di Desa Tengkapak, Jelarai di Tanjung selor.

“Di daerah desa Lebong, misalnya daerah itu merupakan program lanjutan atau penyambungan sheet pile dari sebelumnya, kurang lebih sepanjang 300 meter, dan untuk di Desa Tengkapak, dalam perencananya tahun ini sudah di anggarkan, kurang lebih Sekitar Rp 1,5 Miliar,” tutup ingkong. (JR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan