Connect with us

Komunitas

Apa Kata Jurnalis Melihat Buku ‘Kaltara Rumah Kita’ Karya YTP

Newstara.com MALINAU – Founder Kompasiana sekaligus CEO pepnews.com Pepih Nugraha menyebutkan bahwa buku ‘Kaltara Rumah Kita’ merupakan salah satu mahakarya Dr. Yansen TP, M.Si yang ditulis oleh seorang pemimpin daerah sekaligus tokoh asli Kalimantan Utara (Kaltara) yang mengerti akan kondisi wilayahnya. Karena, biasanya para penulis hanya berdasarkan teori. Namun, YTP mampu menghadirkan teori dan fakta dalam satu buku yakni ‘Kaltara Rumah Kita’.

“Buku ‘Kaltara Rumah Kita’ menjadi representatif tentang teori dan praktek menjadi satu dalam sebuah buku, penulis menampilkannya dalam gaya yang lugas, tepat dan bersamaan dalam sebuah buku. Bahkan, tidak banyak penulis yang menyatukan antara teori dan praktek, disini penulis terjun langsung apa yang menjadi pengalamannya, apa yang dilihat dan dirasakannya,” tutur Pepih Nugraha kepada Newstara.com pada Minggu malam, (07/08/2020) di Malinau.

Senada, Dodi Mawardi yang aktif menulis diberbagai artikel atau tulisan di Kompasiana.com juga mengingatkan bahwa sang penulis ‘Kaltara Rumah Kita’ memiliki gaya tulisan yang cukup baik, dimana Provinsi Kaltara sebagai daerah yang haus akan pembangunan serta dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, dipastikan akan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakatnya bilamana semua sektor bergerak secara maksimal.

Selain itu, pembangunan perbatasan juga harus dirasakan hingga berada di ujung provinsi Kaltara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Sehingga terjadi peningkatan infrastruktur, peningkatan ekonomi, hingga kesejahteraan masyarakat Kaltara.

“Penulis ini unik, beliau adalah pemimpin daerah, beliau mengetahui teori dan praktek, tidak banyak yang seperti itu, nah kita sebagai pembacanya akan mampu melihat dari berbagai persepsi yang dibangun oleh penulis terutama Kaltara, seperti apa kondisi Kaltara termasuk dari sisi pembangunan hingga masyarakatnya,” ucapnya kepada Newstara.com

Sementara, CEO Group Newstara Yoko Handani mengatakan ada ketertarikan tersendiri saat membaca kalimat per kalimat hingga tidak terasa sudah terlewati beberapa halaman. Tulisan yang begitu mencerminkan kondisi Kaltara saat ini ditambah kepiawaian sang penulis membuat bait-bait motivasi bagi masyarakat untuk berpikir lebih jauh tentang Kalimantan Utara.

“Menarik tulisan beliau, sebagai pemimpin di Kabupaten Malinau, memang mengetahui teori dan praktek dan ini tidak dapat dipungkiri lagi selain beliau adalah Bupati dua periode di Malinau, apalagi beliau juga pemimpin organisasi dan partai politik sehingga sepak terjang juga teruji, sehingga presentasi dalam tulisan buku beliau juga sangat apik untuk disimak,” tutur Yoko Handani.

Sekedar informasi, peluncuran buku ‘Kaltara Rumah Kita’ akan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom, Youtube, Facebook dan streaming Newstara TV di website Newstara.com. Bagi undangan dapat masuk untuk berdiskusi melalui Zoom Meet, ID: 570 529 3786, Pass: rumahkita pada hari Sabtu sore, 8 Agustus 2020 pukul 16.00 WITE.

Launching buku ‘Kaltara Rumah Kita’ tersebut juga masuk dalam rangkaian acara Pengumuman Lomba Menulis Artikel bertema “Pembangunan Berbasis Komunitas”, lalu penyerahan Rekor MURI oleh Manajer MURI dan Jaya Suprana melalui aplikasi zoom untuk buku dengan penulis anggota keluarga terbanyak dengan tema “Hidup Bersama Allah Jadi Produktif”.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Komunitas