Connect with us

Tarakan

Api Membakar Ratusan Rumah Di Lokasi Pasar Batu Tarakan

Newstara.com TARAKAN – Ratusan warga kehilangan tempat tinggal atas insiden kebakaran yang terjadi pada Senin siang, (20/01/2020) di Jalan Yos Sudarso Pasar Batu Kota Tarakan Kalimantan Utara. Sejumlah warga melihat kobaran api bermula disalah satu rumah warga, namun kencangnya angin bertiup mengarah ke laut dan merambat kebeberapa rumah lagi. Alhasil, perkiraan sementara ada sekitar 158 rumah terbakar di RT 24, 4 rumah di RT 05, 14 unit rumah dan toko di RT 04 dan 2 rumah di RT 01.

Ilham warga Sebengkok dan salah satu saksi mata menyebutkan saat ini api sudah mulai reda dan dirinya sempat kaget ada beberapa warga teriak kebakaran. Dan bergegas ke lokasi di RT 24 Pasar Batu. Saat dilokasi, sudah terbakar hampir 4 rumah. Namun karena akses yang sulit ke lokasi kebakaran dan ditambah tidak tersedia air sehingga api cepat merambat.

“Kita seperti kejar-kejaran sama api mas, cepat merambatnya satu belum padam terus dapurnya rumah warga sebelahnya sudah terbakar, baru kita lari ambil air dan saat kembali sudah terbakar badan rumah dan terus merambat sampai kedepan dan rumah-rumah yang lain,” tuturnya kepada Newstara.com di lokasi kejadian.

Petugas Pemadam Kebakaran sempat kesulitan memadamkan api, karena akses jalan yang sulit dilalui. Alhasil, ada beberapa rumah warga terpaksa harus dirubuhkan agar api tidak merambat. Namun, kencangnya angin bertiup sehingga rumah dan bangunan yang dirobohkan pun ikut terbakar.

Walikota Tarakan dr Khairul saat tiba di lokasi kebakaran beebrapa menit setelah laporan kebakaran mengatakan turut prihatin dan duka yang mendalam atas insiden tersebut dan Pemerintah Kota Tarakan akan segera mendata berapa kerugian materil dan rumah-rumah yang tertimpa musibah tersebut. Dan akan segera membuka posko-posko kebaran hingga dapur umum bagi korban.

“Iya segera kita buka posko dan dapur umum, karena paska musibah begini kita tangani dulu para korban, baru nanti yang lainnya,” tuturnya.

Sementara, Wakil Gubernur Kalimantan Utara H Udin Hianggio yang terlihat di lokasi kebakaran turut menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas insiden kebakaran tersebut dan berpesan untuk para korban agar tetap sabar menhadapi cobaan tersebut.

“Saya turut berduka yang sedalam-dalamnya, semoga Allah memberika hidayahnya dan kita sebagai manusia tetap bersabar,” tutupnya.

Redaksi Newstara.com juga membuka penyaluran bantuan kebakaran, baik melalui barang berupa air mineral, makanan nasi bungkus, sarung, selimut, pakaian bekas dan lainnya. Dan untuk menyalurkan bantuannya, dapat menghubungi saudara Yoko Handani 085348416996

Reporter: Aldi S

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: H. Latinro Sumbangkan Pakaian Sekolah dan Uang Tunai Untuk Korban Kebakaran Ps Batu Tarakan – NEWSTARA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Tarakan