Connect with us

Komunitas

Bebas dan Terbatas Memasuki Era Digitalisasi

Newstara.com TARAKAN – Gerakan Nasional Lierasi Digital 2021 kembali digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) bersama Siber Kreasi di Kota Tarakan melalui aplikasi Zoom. Kegiatan yang digelar pada Senin siang, (09/08/2021) sekitar pukul 14.00 WITA itu cukup menarik.

Hadir pula sejumlah narasumber seperti Muhammad. S.Kom., M.Kom, Patub Letto dan Wilmar Bhakti Prakasa, dengan Key Opinion Leader Adibah Rachman, S.Sos.
serta Keynote Speech dr. H. Khairul, M.Kes selaku Walikota Tarakan.

“Literasi digital dalam artian bebas dan terbatas untuk memasuki era digitalisasi, walaupun bebas namun tetap diperhatikan kaidah-kaidah berinternet atau berselancar di dunia internet teknologi,” tutur dr Khairul.

“Karena sekarang memang tanpa kita sadari saat-saat ini, segala informasi sudah ada dalam genggaman kita, ada dalam smartphone, sehingga kita harus paham etika-etikanya yang baik dan benar,” sambungnya.

Senada, Plt. Ketua STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, Muhammad. S.Kom., M.Kom mengatakan dalam artian sebebas bebasnya adalah tetap pada kaidah-kaidah ber-internet yang tidak menyinggung satu atau kelompok lain. Sehingga, perlu dilakukan penekanan dan sosialisasi yang baik internet positif.

“Jadi perlu memang kita terus menerus harus memberikan pemahaman baik dari keluarga kita sendiri hingga orang lain, bahwa sangat penting adanya kaidah-kaidah atau etika baik dalam hal ber internet ini,” ucapnya.

“Dan jangan sampai justru sangking bebasnya berinternet, kita malah tersangkut persoalan hukum karena misalkan memposting sesuatu hal yang hoax atau fitnah, dan perlu juga itu sebelum kita sher ke medsos dicari dulu kebenarannya, jangan sampai kita menjadi bagian dari penyebar hoax tersebut,” tutupnya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Komunitas