Connect with us

Covid-19

Bekal Rapid Test, Masuk Tarakan Boleh Isolasi Mandiri Dirumah

Ilustrasi Rapid Test. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes mengingatkan kepada seluruh masyarakat Tarakan agar wajib mematuhi segala ketentuan pemberlakuan PSBB dan secara konsisten, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan mengadaptasi kebiasaan baru.

Seperti menggunakan masker kain, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, menghindari berkerumun di tempat-tempat umum, membatasi menyentuh fasilitas di tempat umum, dan jangan menyeka mata, hidung, serta mulut sebelum, cuci tangan.

Sementara, bagi para pendatang yang baru tiba dari luar kota dan hanya membawa Rapid Test, maka diwajibkan melakukan isolasi mandiri atau karantina dirumahnya sendiri, dengan berbagai ketentuan seperti tidak bepergian keluar rumah dan tidak pergi bekerja di ruang publik, menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya.

“Dan jika memungkinkan, upayakan melakukan menjaga jarak setidaknya satu meter dari anggota keluarga lainnya, serta tetap menggunakan selalu masker selama masa isolasi diri serta lakukan pengukuran suhu harian dan observasi gejala klinis seperti batuk atau kesulitan bernapas,” tutur dr. Devi

Selain itu, hindari pemakaian peralatan makan bersama seperti piring, sendok, garpu, gelas dan perlengkapan mandi seperti handuk, sikat gigi, gayung hingga linen atau seprai. Juga terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mengonsumsi makanan bergizi, melakukan kebersihan tangan rutin, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta keringkan, lakukan etika batuk atau bersin.

“Sesering mungkin melakukan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi maksimal pukul 09.00 pagi, menjaga kebersihan rumah dengan cairan desinfektan, dan hubungi petugas kesehatan atau layanan Call Center 112 jika kondisi memburuk seperti sesak nafas agar dilakukan perawatan,” tutur dr Devi.

“Kami juga mengingatkan masyarakat agar meningkatkan keamananan dan menjaga kewaspadaan dilingkungannya, kenali orang-orang di sekeliling rumah, jika ada yang mencurigakan atau warga asing segara melaporkan ke RT atau pihak berwajib,” tutupnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Covid-19