Astaga, Rupanya 5 Kali Kapal Ponton Hantam Kawasan Pesisir Tarakan

| 101 Views
id Astaga, Rupanya 5 Kali Kapal Ponton Hantam Kawasan Pesisir Tarakan
Astaga, Rupanya 5 Kali Kapal Ponton Hantam Kawasan Pesisir Tarakan
H Rusli Jabba saat menerima bukti foto-foto dan lainnya penabrakan kapal Ponton di Tengkatu Tarakan. (Foto: Yoko)

Newstara.com TARAKAN - Kawasan pesisir warga di Kota Tarakan yang berhadapan dengan muara Bulungan, ternyata sudah 5 kali di hantam dengan kapal tongkang dengan waktu yang berbeda. Bahkan, pada tahun 2012 dan tahun 2014, kapal tongkang yang biasa parkir di kawasan tersebut pernah menghancurkan puluhan rumah warga di RT 18 dan RT 28. Ada sebagian rumah warga yang diganti, dan sebagian lagi rumah dan kios tidak ada pergantian kerugian. Dan terbaru yang terjadi pada Senin pagi, (15/01/2018) kapal Ponton menghantam Pelabuhan Tengkayu Tarakan.

Ketua RT 18 Selumit Pantai, Husein Hamid mengatakan kawasan di RT 18 dan RT 28 sudah dua kali ditabrak kapal Ponton bermuatan puluhan dan ratusan ton. Bahkan, menghancurkan puluhan rumah-rumah warga dan kios pengecer BBM yang lokasi tersebut.

"Dua kali ditabrak ponton , pertama masyarakat kecil ada yang di ganti rugi dan nelayan waktu itu, dan kedua ini sebagian diganti dan masih ada dua rumah lagi yang belum dibayar, kalau kios setahu saya tidak ada yang diganti," ujar Ketua RT 18 Selumit Pantai Husein Hamid saat dihubungi melalui selulernya pada Senin siang, (15/01/2018) di Tarakan.

Sementara, Anggota Komisi II DPRD Taraka H. Rusli Jabba mengatakan sampai saat ini sudah terjadi 5 kali kawasan pesisir di hantam oleh kapal-kapal Ponton berbobot ratusan ton, sehingga langkah yang harus dilakukan adalah kapal-kapal ponton memuat batubara yang parkir di depan kawasan pesisir Beringin harus dialihkan parkir ke kawasan Pantai Amal. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya insiden serupa.

"Ini kan sudah terjadi berkali-kali dan harus di antisipasi dengan mengarahkan kapal-kapal ponton ini buang jangkar di Pantai Amal, jangan lagi di daerah Beringin Tengkayu ini, apalagi saya dengar cukup banyak kios BBM dan rumah warga yang belum di ganti rugi akibat kerusakan beberapa tahun lalu," ujarnya.

Ini Daftar Lokasi 5 Kali Insiden Tongkang Tabrak Kawasan Pesisir :

1. Pesisir Pantai di Belakang Hotel Ramayana tahun 1999
2. Pesisir Pantai Perikanan tahun 2002
3. Pesisir Pantai Beringin Selumit Pantai tahun 2012 (RT 18 dan RT 28)
4. Pesisir Pantai Beringin  Selumit Pantai tahun 2016 (RT 18 dan RT 28)
5. Pelabuhan Tengkayu tahun 2018

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Instruksi Zulkifli Hasan Ke DPW dan DPD PAN Se-Indonesia Paska Partai Idaman Bergabung
Menuju DPD RI, Si Anak Dayung Serahkan 1.459 Dukungan Masyarakat