Jika Terpilih, Mukhlis Akan Judicial Review UU Kewenangan DPD RI

| 101 Views
id Jika Terpilih, Mukhlis Akan Judicial Review UU Kewenangan DPD RI
Jika Terpilih, Mukhlis Akan Judicial Review UU Kewenangan DPD RI
Calon Anggota DPD RI Dapil Provinsi Kaltara, Mukhlis Ramlan, SH. (Dok)

Newstara.com TARAKAN - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat kuota 4 kursi untuk perwakilan masyarakat yang duduk sebagai Anggota DPD RI di Senayan. Alhasil, sejumlah nama-nama pun sudah mulai bermunculan dan salah satunya adalah pegiat hukum yakni Mukhlis Ramlan, SH.

Alumni dari Universitas Mulawarman ini memang dikenal sebagai tokoh Kaltara yang berkecimpung didunia hukum, dan langkah besarnya setelah terpilih sebagai Anggota DPD RI adalah melakukan Judicial Review atau pengujian UU terhadap UUD 1945 di Mahkamah Konstitusi (MK) tentang tugas dan wewenang DPD RI.

"Begitu saya terpilih sebagai DPD RI maka yang pertama akan saya lakukan adalah melakukan judicial review terhadap kewenagan DPD agar dia sejajar dengan DPP RI yang mampu menentukan, merumuskan dan mengambil kebijakan strategis terhadap daerah," ujarnya kepada Newstara.com

Menurutnya, kewenangan antara DPD RI hanya sebatas pengawasa dan tidak masuk ke dalam ranah yang ikut merumuskan dan menentukan kebijakan-kebijakan negara. Sehingga, kerap kali sebagian kalangan menilai DPD RI hanya dipandang sebelah mata.

"Ini tugas besar dan langkah saya untuk melahirkan kebijakan baru di Indonesia, sehingga jika itu telah terlaksana maka seluruh program pemerintah pusat akan berimbas kepada bkebaikan dan kemajuan daerah dan akan kita bawa ke daerah," tuturnya.

Mukhlis menyebutkan selama ini tokoh yang duduk di Senayan kurang begitu memahami daerah Provinsi Kaltara, sehingga kemajuan dan kesejahteraan masyarakat terasa begitu lambat berjalan dan mengabaikan kebutuhan Kaltara. Namun, berbeda jika perwakilan di Senayan merupakan warga Kaltara asli dan dapat dipastikan telah mengetahui daerahnya.

"Ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengetahui betul dengan kondisi daerahnya. Dan bukan hanya sekedar menanggapi dan ikut-ikutan, dan kenapa Kaltim itu cepat maju karena memang banyak warga asli Kaltim yang duduk sebagai DPD RI," ucapnya.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Instruksi Zulkifli Hasan Ke DPW dan DPD PAN Se-Indonesia Paska Partai Idaman Bergabung
Menuju DPD RI, Si Anak Dayung Serahkan 1.459 Dukungan Masyarakat