Connect with us

Bulungan

Bulungan Punya 133 Ribu Pasien Kaki Gajah, Puskesling Tanjung Selor Bagikan Obat Gratis

Newstara.com – TANJUNG SELOR – Ditengah pandemi Covid-19 sejumlah petugas Puskesmas Keliling (Puskesling) Tanjung Selor, memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat untuk penyakit kaki gajah. Pembagian obat tersebut dilakukan UPT Puskesmas Tanjung Selor dalam program Bulan Eleminasi Penyakit Kaki Gajah (BELKAGA) untuk tahun ke-5.

Kepala Promosi Kesehatan UPT Puskesmas Tanjung Selor, Dina menyebutkan pembagian obat kaki gajar, untuk memberantas penyakit tersebut untuk anak-anak usia 2 hingg 70 tahun.

“Kami membagikan obat pencegahan penyakit Kaki Gajah secara keliling ke masyarakat, dan obat dibagikan bagi anak mulai usia 2 tahun dan orang dewasa usia 70 tahun,” tuturnya salah satu petugas.

Sementara, salah satu pasien, Hamidah mengatakan dirinya biasanya rutin mendatangi pusat layanan kesehatan seperti Puskesmas untuk mengobati penyakitnya. Namun, kondisi pandemi Covid-19 membuat dirinya enggan keluar rumah.

“Biasanya saya datang ke puskesmas untuk mendapatkan obat kaki gajah, tapi sekarang karena ada covid-19 jadi saya ambil di mobil puskesmas ini,” tuturnya.

Data saat ini, ada sekitar 133.768 jiwa di Kabupaten Bulungan yang tercatat mendapatkan obat kaki gajah. Obat Kaki Gajah tersebut, tidak diperbolehkan bagi penderita Hepatitis, Liver, penyakit jantung bawaan, tekanan darah tinggi, Asma, Efilepsi dan sedang cuci darah.

Reporter : Hendi Rustandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan