Connect with us

Covid-19

Cartridge Covid-19 Tarakan Kosong, PCR Sweb Beralih ke Lab Jakarta

Ilustrasi Covid-19 Tarakan. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Cartridge khusus untuk mengetahui hasil uji Sweb Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Kaltara di Tarakan saat ini sudah habis, sebelumnya Gugus Tugas pusat mengirimkan 180 buah, dari kuota Kabuaten Nunukan, Rumah Sakit Umum Kota (RSUK) Tarakan dan kuota RSUD Provinsi di Tarakan sendiri.

“Iya jumlahnya sudah habis kita gunakan dan sudah tidak ada lagi, kita sebelum habis sudah mengajukan permintaan ke pusat sebanyak-banyaknya, namanya memohon belum tau nanti dapatnya berapa, namun yang jelas untuk sementara untuk uji test Sweb PCR kita kembali kirimkan ke Jakarta lagi,” tutur Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes pada Selasa pagi, (26/05/2020) di Tarakan.

dr Devi menjelaskan hasil Sweb dari RSUD Provinsi di Tarakan dengan hasil Sweb PCR dari Jakarta, dipastikan tidak akan ganda atau double, karena hasil dari Tarakan dapat dilanjutkan untuk pemeriksaan kedua dari Lab di Jakarta. Namun, hasil Lab dari Jakarta tidak akan diperiksa Sweb di Tarakan lagi.

“Kita kehabisan Cartridge khusus Covid-19 ini sekitar 3 hari lalu, dan untuk pemeriksaan Sweb selama ini kita memeriksa tidak double, karena hasil dikirim ke Jakarta setelah di kroscek catrige kita terbatas, dan tidak bisa melakukan uji sampel double, karena selama ini hasil uji sampel dari Tarakan dan Jakarta selalu cocok saja,” ujarnya.

“Dan untuk hasil Sweb PCR Covid-19 yang baru datang kemaren, kita hanya melihat yang dari Tarakan saja, mulai dari uji Sweb awak kapal (ABK) Kapal feri Junjung yang menyatakan 16 orang semua negatif, hingga yang 7 orang itu yang kita nyatakan sembuh,” sambungnya.

dr Devi mengatakan hasil Sweb PCR yang dikirimkan dari Lab di Jakarta, merupakan jumlah gabungan seluruh Provinsi Kalimantan Utara. Sehingga, Gugus Tugas Tarakan hanya fokus melihat yang berasal dari Tarakan saja.

“Total Sweb yang dikirim dari Jakarta itu banyak gabungan sama yang punya Provinsi, saya nggak ingat karena jumlahnya gabungan,” ujarnya.

Gugus Tugas Covid-19 menyatakan pada Selasa pagi, (26/05/2020) jumlah pasien sembuh sebanyak 7 orang sehingga seluruhnya pasien yang sembuh sebanyak 20 orang, dan tersisa yang masih dirawat sebanyak 24 orang dari hasil kumulatif 44 orang terkonfirmasi positif sejak pandemik Covid-19 memasuki wilayah Kaltara.

Rincian Data 7 Pasien Covid-19 Sembuh Selasa, 26 Mei 2020 :

Covid15 KM (L) 33 tahun Kelurahan Kampung Satu Skip RT 16
Covid22 HS (L) 36 tahun Kelurahan Pantai Amal RT 7
Covid24 DW (L) 33 tahun Kelurahan Lingkas Ujung RT 12
Covid25 J (L) 24 tahun Kelurahan Lingkas Ujung RT 7
Covid30 RA (L) 31 tahun Kelurahan Karang Anyar Pantai RT 17
Covid33 MI (L) 24 tahun Kelurahan Mamburungan RT 15
Covid34 S (P) 44 tahun Kelurahan Mamburungan RT 15

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Covid-19