Connect with us

Covid-19

Covid-19 Kaltara, Harap-Harap Cemas Ada 104 Sampel Baru Menunggu Hasil Swab Test

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy. (Ft. Dok)

Newstara.com TANJUNG SELOR – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy mengatakan ada sekitar 109 sampel spesimen baru dan 56 sampel follow up, yang dikirimkan 2 kali yakni pada tanggal 28 April dan 3 Mei 2020. Dan pada hari Kamis siang, (07/05/2020) telah menerima 5 sampel baru yang dikirim dan sudah dinyatakan negatif.

Sehingga, jumlah konfirmasi positif saat ini masih 131 orang yang positif Covid-19. Diantaranya dari Tarakan 35 orang, Malinau 22 orang, Nunukan 36 orang, Tana Tidung 0 orang dan Bulungan 38 orang. Sementara, pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 124 org, sembuh 6 orang dan meninggal 1 orang.

“Kita masih menunggu hasil pemeriksaan sampel baru yang sudah dikirim beserta sampel follow up yang jika dinyatakan negatif maka dapat kita dinyatakan sembuh,” ujar Agust Suwandy.

Suwandy mengatakan test Swab yang biasanya dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, kini beralih ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balibangkes) Kemenkes RI di Jakarta.

“Karena terbatasnya moda transportasi yakni penerbangan dari Tarakan ke Surabaya, sehingga kami mengalihkan pengiriman sampel spesimen ke Jakarta,” tutur Agust Suwandy.

“Semakin banyaknya OTG yang menjadi pasien positif, perlu kami peringatkan dan ini sebagai warning kita harus meningkatkan waspadaan bersama, karena Covid-19 bisa menyerang siapa saja dan dimana saja, terutama kami ingatkan yang punya penyakit bawaan karena saat terkonfirmasi positif maka ada komplikasi penyakit yang membahyakan si pasien tersebut,” tutupnya.

Rincian Laporan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara :

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) se-Kaltara 168 orang
a. Tarakan 114 orang
b. Malinau 7 orang
c. Nunukan 13 orang
d. Tana Tidung 2 orang
e. Bulungan 32 orang

2. OTG (Orang Tanpa Gejala) se-Kaltara 701 orang
a. Tarakan 345 orang
b. Malinau 34 orang
c. Nunukan 113 orang
d. Tana Tidung 23 orang
e. Bulungan 186 orang

3. PDP (Pasien Dalam Pengawasan) se-Kaltara 35 orang
a. Tarakan 8 orang
b. Malinau 1 orang
c. Nunukan 3 orang
d. Tana Tidung 0 orang
e. Bulungan 23 orang

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Covid-19