Connect with us

Opini

Covid-19, Virus Lemah Namun Gampang Menyebar Dan Obat Kepanikan Adalah Pengetahuan

Oleh: Rahman Putrayani

Newstara.com TANJUNG SELOR – Virus ini sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi kita, karena dia masih masuk golongan Influenza seperti biasa yang kita dialami oleh kita saat kita sedang kurang sehat. Berdasarkan data, jumlah korban Corona hanya 2-3 persen, sementara saudaranya SARS dulu korbannya mencapai 13 persen, dan yang lebih parah lagi sepupunya yang bernama MERS jumlah korbannya mencapai 30-40 persen.

Jadi, jika dilihat dari jumlah korbannya saja Corona ini sebenarnya tidak seberapa berbahaya jika dibandingkan SARS dan MERS beberapa waktu lalu.

Corona hidup di tempat yang lembab dan gelap pada suhu dibawah 27 derajat celcius. Jenis virus ini agak lemah dan mudah dibasmi, tapi dia mempu menyebar dengan cepat melalui bersin dan batuk.

Oleh karenanya, kepada orang yang terkena virus ini diharapkan agar menggunakan masker untuk menutup penyebarannya. Dan ingat, maskernya hanya sekali pakai, bukan untuk berkali-kali.

Virus ini sangat rentan pada orang yang tidak memiliki imunitas yang baik (sistem kekebalan tubuhnya rendah) contohnya pada orang tua lanjut usia (65 tahun keatas), anak balita, dan orang yang sedang sakit parah.

Untuk menghadapi virus Corona kita cukup menjaga kesehatan dengan istrahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, berpikiran positif, dan membiasakan diri cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setiap selesai aktifitas diluar.

Untuk yang terpenting adalah tetap tawaqal atau berserah diri pada Allah SWT, tuhan yang maha esa. Yakinlah bahwa hanya kepadaNya lah kita serahkan semua urusan hidup dan mati kita. Jika ada orang yang mati karena virus Corona, yakinlah itu takdirnya dan sudah menjadi jalan ajalnya.

Sahabat semua, masyarakat kita tampak panik menghadapi isu virus Corona saat ini. Hal ini tentu tidak salah, wajar saja karena kepanikkan itu bersumber dari ketidaktahuan, ditambah lagi adanya teror media yang menakutkan tentang virus ini.

Apalagi sekarang adalah era revolusi industri 4.0, dimana kecanggihan teknologi dan layanan internet super cepat membuat situasi lebih tak terbendung terkait informasi yang beredar melalui media (teror media).

Ayo kita terus edukasi masyarakat kita tentang virus Corona, yang bahaya bukanlah virusnya, tapi cara kita menghadapi dan menyikapi virus tersebut.

Ingat, OBAT KEPANIKAN ADALAH PENGETAHUAN!!
(***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Opini