Connect with us

Pilkada

Daftar A5 Lewat Tanggal 6 Desember, KPU Tarakan Tidak Bisa Akomodir

Newstara.com TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan memastikan tidak bisa mengakomodir masyarakat yang mendaftar lewat batas waktu atau diluar aturan yang berlaku, Selasa (8/12/2020).

KPU menerangkan bahwa ada batas waktu untuk mendaftar A5 bagi masyarakat dari luar daerah yang ingin memilih di Tarakan.

“Persoalan data pemilih, kami banyak menolak masyarakat yang mendaftar A5 di luar batas waktu hingga tanggal 6 Desember 2020 pukul 00.00 WITA”, tutur Jumaida anggota KPU Tarakan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

Pihaknya akui hal itu tidak dapat diakomodir oleh KPU mengingat aturan yang berlaku untuk membuat A5 selambat-lambatnya 3 hari sebelum pemilihan.

“Banyak masyarakat yang membuat A5 di tanggal 7 padahal itu sudah lewat waktunya, mereka berasalan tidak mendapatkan informasi dan mengira pembuatan A5 dapat dilakukan hingga hari pemilihan”, ucapnya.

“Kami menegaskan tidak bisa mengakomodir itu, yang bisa kami terima hingga satu hari sebelum pemilihan adalah masyarakat yang ingin memilih dalam perawatan di Rumah Sakit. Itupun kami akan berkoordinasi intens dengan pihak Rumah Sakit seputar data diri, teknis dan berbagai yang diperlukan”, sambungnya ditengah kesibukan kantor menjelang Pilkada.

Terdapat antusias masyarakat yang mendaftar A5 dan itu didominasi oleh Pelajar/Mahasiswa luar daerah yang sedang mengikuti pendidikan di Tarakan, pihaknya enggan untuk menyampaikan jumlah data.

Reporter : Kristianto Triwibowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Pilkada