Connect with us

Bulungan

Digitalisasi Positif Mendorong Kemajuan Hidup Masyarakat Secara Majemuk

Newstara.com TANJUNG SELOR – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) kembali menggelar Webinar Literasi Digital dalam program “Indonesia Makin Cakap Digital” yang diselenggarakan pada Senin pagi pukul 14.00 WITe, (28/06/2021) secara virtual dengan aplikasi Zoom Meet, dengan mengangkat tema “Menganalisa dan Merancang Strategi dalam Menghadapi Era Digital”.

Webinar diselenggarakan di sejumlah Kabupaten/Kota di Indonesia dan kali ini di realisasikan di Kabupaten Bulungan dengan menghadirkan narasumber seperti Sasando Dewi Soeksin, S.E., M.S.A dari Dosen Politeknik Bisnis Kaltara, Alexander Dimas dari Regional Business Leader APAC of HoneyWell dan Baltra Agusti Pramajuri, M.Kom dari Dosen Politeknik Bisnis Kaltara.

Juga menghadirkan Maghfirah Baladraf dari Founder Voila Outfit sebagai Key Opinion Leader (KOL), dan dipandu oleh moderator Aulia Mawardhika. Kegiatan tersebut cukup seru, karena dihadiri secara online oleh masyarakat dan mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi.

Program Literasi Digital Nasional: Indonesia Makin Cakap Digital ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 20 Mei 2021 lalu. Masing-masing narasumber menyampaikan materi dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

“Ada berbagai macam persoalan di tengah masyarakat saat menghadapi era digitalisasi ini, disini peran pemerintah mendorong masyarakat untuk melek akan informasi dan digitalisasi,” ucap Maghfirah Baladraf dari Founder Voila Outfit sebagai Key Opinion Leader (KOL).

“Informasi digital memberikan pemahaman kepada setiap masyarakat dalam mendorong pembangunan, karena inilah saatnya kita menjadi kuat dalam segi digital, jadi bukan hanya anam muda saja, tapi memungkinkan seluruh elemen masyarakat harus ambil bagian dalam pengembangan digitalisasi terutama di Kaltara ini,” sambung Sasando Dewi Soeksin.

Sementara, Baltra Agusti Pramajuri mengatakan banyak peluang terbuka lebar untuk meningkat kesadaran masyarakat dari digital, salah satunya adalah dari sisi ekonomi hingga teknologi tepat guna untuk perkebunan, perikanan hingga pelayanan pemerintah.

“Saya kira cukup banyak potensi-potensi yang positif saat masyarakat masuk dalam era digital ini, pengembangan busa dicapai dengan lebih maksimal,” ujarnya.

Sekedar informasi, Webinar Literasi Digital : Indonesia Makin Cakap Digital ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) selama periode Mei hingga Desember 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, agar masyarakat makin cakap digital dalam memanfaatkan internet demi menunjang kemajuan bangsa.

Masyarakat dapat terus memperoleh berbagai materi pelatihan literasi digital di akun media sosial @siberkreasi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan