Connect with us

Pemprov Kaltara

DPKP Kaltara Dorong Pelajar Ambil Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

Ilustrasi

TANJUNG SELOR – Berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian dan didukung pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) membuka seleksi nasional beasiswa pendidikan tinggi perkebunan kelapa sawit tahun 2024.

Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiono mengatakan, pihaknya bersama Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) dan Perwakilan Ditjenbun telah melaksanakan sosialisasi beasiswa ini di Universitas Kaltara. Dengan menghadirkan pelajar, guru, kepala sekolah SMA/SMK/MAN, kelompok tani, gabungan kelompok tani, unsur Apkasindo dan pihak terkait lainnya.

Beasiswa ini dibuka untuk kategori vokasi dari jenjang DI, DII, DIlI dan DIV dan kategori akademik untuk jenjang Strata 1. Peserta sosialisasi terdiri dari pemerintah kabupaten/kota yang menangani perkebunan, pelajar, guru, kepala sekolah SMA/SMK/MAN, kelompok tani, gabungan kelompok tani, unsur Apkasindo dan pihak terkait lainnya.

Ia menjelaskan nantinya ada berbagai fasilitas beasiswa yang disediakan pada program ini seperti biaya pendidikan penuh, uang saku dan uang buku, sertifikat kompetensi, biaya transportasi tempat tinggal – kampus, magang di perkebunan besar dan biaya wisuda.

“Untuk pendaftaran dan informasi lainnya, dapat diperoleh di www.beasiswasdmsawit.id. Makanya kesempatan ini harus bisa dimanfaatkan oleh anak muda atau pelajar kita jika ingin berkuliah dengan beasiswa,” ujarnya lagi.

“Karena untuk ke depannya Kaltara ini juga akan menjadi prospek investasi bersar perkebunan, sehingga tenaga-tenaga tekniss perkebunan sangat kita butuhkan kedepannya,” terangnya

Dia berharap dengan program beasiswa ini nantinya dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang dapat secara konsisten meningkatkan industri kelapa sawit di Kaltara, tingkat Nasional hingga Internasional.

“Bersamaan dengan sosialisasi beasiswa ini kita juga sudah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, melaksanakan Sosialisasi Penelurusan Bibit Unggul Wilayah Afirmasi dan Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) dalam penyelenggaraan kegiatan Tridharma UGM di Kalimantan Utara Tahun 2024,” tuntasnya.(dkisp)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pemprov Kaltara