Connect with us

Bulungan

Gempa 4.0 SR Guncang Kabupaten Bulungan Dan Tidak Menimbulkan Tsunami

Newstara.com TARAKAN – Baru saja terjadi gempa bumi tektonik di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada Sabtu pagi, (08/05/2021) sekitar pukul 04:41:12 WIB dengan kekuatan 4.0 Skala Richter dan tidak menimbulkan atau tidak berpotensi Tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.0 terjadi pada koordinat episenter pada 2.82 LU dan 117.35 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 km Tenggara Bulungan – Kaltara pada kedalaman hiposenter 11 km.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktifitas sesar lokal di wilayah tersebut,” demikian rilies pengumuman dari halaman website resmi BMKG dan dari rilies Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, S.Si

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Bulungan dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” tulisnya lagi.

Gempa bumi susulan juga terjadi 1 jam setelahnya yakni pada pada Sabtu, (08/05/2021) atau sekitar pukul 05:42:00 WIB, hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) lainnya.

BMKG menghimbau kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tulis Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, S.Si. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan