Connect with us

Kaltara

Hasan Saleh Paparan Pentingnya Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara.

Hasan Saleh, saat Sosialisasi 4 Pilar Pembangunan. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Anggota MPR RI Dapil Kalimantan Utara Hasan Saleh melaksanakan Kegiatan sosialisasi Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika yang dihadiri oleh Tokoh dan masyarakat yang berlangsung dengan dialogis yang cukup santai dan penuh keakraban di Karanganyar Kota Tarakan pada Selasa (25/05/2021) .

Hasan Saleh memaparkan secara lengkap mengenai makna empat pilar kebangsaan bagi kehidupan bermasyarakat bahwa, tantangan utama secara internal menurut Tap MPR Nomor 06 tahun 2001 tentang etika kehidupan berbangsa terutama yaitu masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya ajaran-ajaran atau pemahaman agama yang sempit dan kondisi inilah yang dihadapi bangsa saat ini.

Dikatakannya, yang perlu dijelaskan dalam Tap MPR Nomor 06 tahun 2001 tentang etika kehidupan berbangsa ini adalah masih lemahnya penghayatan dan pemahaman mengenai agama. Jika orang belajar agama tidak tuntas maka bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda sehingga bisa memunculkan paham- paham radikalisme dan terorisme. Untuk itu kita harus belajar agama yang tuntas dan harus selesai sesuai dengan ajaran agama dan keyakinan masing-masing.

“Dan tentunya tidak bertentangan dangan Undang-Undang Dasar 1945 agar tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan amanat Pancasila dapat dijalankan di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Hasan Saleh menegaskan dalam penyampaian sosialisasi 4 pilar kepada masyarakat bahwa pentingnya peran masyarakat dalam mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bahwa Pancasila adalah sebagai ideology bangsa, Undang-undang dasar 1945 sebagai konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara dan bhineka tunggal ika sebagai semboyan Negara.

Memahami dan mengamalkan Pancasila yg ada terdapat pada 4 Pilar berbangsa dan bernegara ini adalah bentuk menjaga agar bangsa Indonesia tetap berdaulat secara utuh, serta tidak kehilangan karakter dan jati diri sebagai sebuah bangsa ucap hasan saleh.

“Saya juga menghimbau agar masyarakat jangan sampai tidak menerapkan protokol Kesehatan selama pandemi Covid-19 ini , karena kita tidak tahu kapan ini akan berakhir, kita sama-sama berdoa mudah-mudah Covid-19 ini segera pergi dari bumi dan kita bisa Kembali beraktifitas dengan normal,” tutup Hasan Saleh. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Kaltara