Connect with us

Nasional

Hasan Saleh : Pentingnya Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Anggota MPR RI H Hasan Saleh dari Dapil Kalimantan Utara, H Hasan Saleh. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Anggota MPR RI H Hasan Saleh dari Dapil Kalimantan Utara mengimbau kepada masyarakat agar tetap konsisten terhadap Pancasila, serta UUD 1945. Dalam kegiatannya menyampaikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di hadapan ratusan masyarakat yang hadir di rumah aspirasi yang terletak di jalan Yos Sudarso Selumit Pantai Kota Tarakan pada Selasa Malam, (11/02/2020).

Menurutnya, negara akan semakin kuat dan maju ketika masyarakat konsisten menjaga keutuhan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai warga negara, wajib memahami pentingnya konsisten terhadap Pancasila yang di dalamnya terkandung 5 sila sebagai landasan ideologi bangsa Indonesia.

“Masyarakat harus betul-betul memahami makna yang terkandung dalam sila-sila yang ada di dalam pancasila sebagai wujud dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Hasan Saleh kepada Newstara.com

Politisi Partai Demokrat ini kembali menekankan bahwa Kehadiran Pancasila ini bertujuan untuk menjaga kesatuan dan persatuan seluruh rakyat Indonesia, serta untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang adil dan makmur.

“Negara akan menjadi kuat dan maju bila setiap elemen masyarakat bangsa ini konsisten terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Hasan Saleh menegaskan dalam penyampaian sosialisasi 4 pilar kepada masyarakat bahwa pentingnya peran masyarakat dalam mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bahwa Pancasila adalah sebagai ideology bangsa, Undang-undang dasar 1945 sebagai konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara dan bhineka tunggal ika sebagai semboyan Negara.

“Memahami dan mengamalkan Pancasila adalah bentuk menjaga agar bangsa Indonesia tetap berdaulat secara utuh, serta tidak kehilangan karakter dan jati diri sebagai sebuah bangsa ucap hasan saleh,” tambahnya.

Tak hanya itu, Hasan Saleh juga mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam menerima informasi harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik karena sekarang banyak sekali informasi hoax yang sering membuat resah masyarakat lewat media social Bahkan tidak sedikit berita yang benar lalu diberi bumbu-bumbu agar menjadi salah.

“Oleh karena itu masyarakat harus memahami dan memfilter informasi yang tidak jelas sumbernya agar kehidupan di masyarakat berjalan dengan nyaman dan tentram serta kalau ada permasalahan atau persoalan di masyarakat supaya diselesaikan dengan mengedepankan asas musyawarah,” tutupnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Nasional