Connect with us

Covid-19

Hasil Rapid Test, Penambahan 45 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

Newstara.com TARAKAN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara (Kaltara) pada hari Kamis siang, (23/04/2020) menyampaikan updatenya terkait informasi pandemik Covid-19. Saat ini, belum ada penambahan pasien positif yang tercatat melalui laporan Balai Besar Laboratorium Surabaya.

Namun, dari hasil tes diagnostic untuk keperluan medis dengan hasil cepat (Rapid Test) diketahui ada 45 orang yang positif Covid-19 se-Kaltara, diantaranya Kota Tarakan 0 orang, Malinau 22 orang, Nunukan 8 orang, Tana Tidung 0 orang dan Bulungan 15 orang. Sampel dari Rafid test ini, kemudian akan dikirimkan ke Balai Besar Laboratorium Surabaya untuk melihat kepastian hasil Swab.

“Dari mereka positif sudah dilakukan karantina mandiri atau di tempat yang sudah ditentukan Pemerintah, dan akan dilakukan Swab test yang akan kita kirim ke Balai Besar Laboratorium Surabaya, Dan kami sampaikan banyak spesimen yang belum di kirim hasilnya, krna ada beberapa yang baru juga kita kirim ke Surabaya, dan sekarang ada 105 sampel yang dianalisa dan menunggu sampai pada hari-hari berikutnya, ini cukup dimaklumi karena spesimen yang di periksa berdasarkan sampel dan regional,” ujar Agust Suwandy Juru Bicara Covid-19 Kaltara pada Kamis siang, (23/04/2020).

“Kemudian untuk jumlah kasus konfirmasi positif angkanya masih sama dengan kemarin yaitu berjumlah 77 orang diantaranya 27 di Tarakan, Malinau ada 6 orang, 24 di Nunukan, Tana Tidung kosong dan Bulungan ada 20 orang, kami sampaikan pada hari ini kita belum menerima hasil dari analisa Balai besar laboratorium Surabaya,” sambungnya.

Selain itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 163 orang, diantaranya di Tarakan sekitar 115 orang, Malinau 9 orang, Nunukan 14 orang, Tana Tidung 5 orang dan Bulungan sebanyak dua puluh orang. Dan untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) mengalami peningkatan saat ini berjumlah 434 orang dan diantaranya dari Tarakan sebanyak 229 orang, Malinau 39 orang, Nunukan 45 orang, Tana Tidung 12 orang dan Bulungan 109 orang.

“Lalu untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang dirawat berjumlah 26 orang, diantaranya Tarakan ada tiga orang, Malinau ada 7 orang, Nunukan kosong, Tana Tidung kosong dan Bulungan ada 16 orang,” ucapnya.

“Mengingat kasus ini menyebar di banyak wilayah beberapa Kabupaten yang saya sebutkan tadi, maka kita tetap selalu waspada untuk menjaga dan selalu mentaati aturan-aturan yang telah ditetapkan Pemerintah, kita tetap menjaga Fisikal Distancing dan social distancing fisika dan jangan lupa memakai masker ya seperti yang selalu kami ingatkan tiap hari, kami tidak bosan-bosannya mengingatkan seluruh masyarakat karena memang upaya-upaya ini sangat penting dilakukan bagi kita semua, agar penularan atau transmisi dari orang per orang bisa kita kendalikan,” tutupnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement


More in Covid-19