Connect with us

Kaltara

Hey,… Pemprov Kaltara Dan Provider Telekomunikasi, Ayo Bantu UMKM

Ilustrasi internet shopping. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – CEO B05 Kreative Kalimantan Utara (Kaltara), Eko Pristiawan meminta PT Telkom Kaltara, PT Telkomsel Kaltara, Satelindo,  Indosat dan lainnya bersama Pemerintah Provinsi Kaltara untuk dapat segera membantu para pelaku usaha kecil dan menangah di tengah pandemi atau wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan memberikan bantuan wifi atau paket internet gratis atau setengah bayar.

Eko mengatakan stimulus dan bantuan seperti ini sangat dibutuhkan ditengah tatanan hidup baru yang sangat membutuhkan jaringan internet, baik dengan mempromosikan jualannya hingga komunikasi dengan para calon pembeli sehingga perekonomian masyarakat kecil harus tetap berjalan.

“Mereka butuh promosi, baik saat memposting jualannya di internet atau menghubungi calon pembeli atau lainnya, sehingga dibutuhkan jaringan internet atau paket data yang selalu tersedia di smartphone mereka,” tutur Eko.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi dan Daerah serta provider jaringan harusnya bekerjasama untuk mengembangan sektor UMKM. Karena dengan hidupnya sektor ekonomi bawah ini, maka dipastikan akan terjadi perputaran uang di tengah masyarakat dan berimplikasi pemulihan ekonomi di daerah.

Eko menyebutkan, pelaku usaha kecil sangat mengharapkan bantuan-bantuan untuk usaha kecil, baik Pemerintah Provinsi dan daerah bersama provider telekomunikasi. Bahkan, ada kesepakatan sementara para pelaku usaha kecil untuk membeli paket pulsa yang murah-murah dan masuk dalam group UMKM, namun kelemahannya adalah setiap pelaku usaha hanya bisa melihat informasi dan tutorial baru setelah mereka mengisi pulsa data.

“Rata-rata semua promosi dan kegiatan semua dilakukan secara online, pertanyaannya apakah ada bantuan dari pemerintah atau provider nggak, jadi kami sangat perlu paket data, karena untuk online terus biayanya sangat mahal,” tutupnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kaltara