Connect with us

Ekonomi

Investor Kim Teck Cheong Asal Malaysia Ingin Bangun Pabrik Roti di Kaltara

Newstara.com TANJUNG SELOR – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Perencanaan, Promosi dan Kerjasama Penanaman Modal, Fitriana pada Selasa sore, (20/04/2021) bersama sejumlah jajaran mengikuti rapat koordinasi penguatan peran perwakilan RI di wilayah kerjasama ekonomi sub-regional Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) dan Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Dalam rapat yang juga dihadiri sejumlah jajaran melalui Apliaksi Zoom tersebut, perwakilan RI memaparkan profil dan peluang investasi – kerjasama yang ada di masing-masing wilayah konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

Acara dipandu langsung oleh Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kemenko Bidang Perekonomian RI, Netty Muharni.

Nety mengatakan dalam presentasi pembuka bahwa Indonesia membagi economic corridor dalam 6 koridor. Sementara, untuk BIMPE-AGA dibagi dalam 3 kelompok economic corridor dan Provinsi Kalimantan Utara masuk dalam west borneo economic corridor.

Menurutnya, kerjasama koridor ekonomi ini dimaksudkan untuk membangun penguatan kerjasama ekonomi yang berbasis wilayah atau daerah.

“Umumnya wilayah yang saling berdekatan atau yang memiliki kesamaan tertentu,” katanya

Sementara, Fitriana mengungkapkan bahwa hasil rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut rencana investasi oleh perusahaan dari Malaysia melalui KJRI Kinabalu, Sabah Malaysia Timur.

Adapun calon investor itu adalah Kim Teck Cheong Consolidated Berhad yang rencananya ingin membangun pabrik Roti di Kaltara Indonesia, dan dalam waktu dekat aka dibicarakan lebih lanjut.

“Ada beberapa informasi yang diminta langsung oleh calon investor antara lain terkait peraturan penanaman modal asing (PMA), ketersediaan lahan yang lokasinya dekat pusat kegiatan masyarakat dan lembaga yang melakukan riset pasar di Kaltara,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan rapat ini dihadiri oleh KJRI Tawau Sabah, KJRI Kinabalu, KJRI kuching, KJRI Kuala Lumpur, KJRI Manila, KJRI Davao, KJRI bandar Sri Begawan dan lainnya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi