Connect with us

Kaltara

IPBBKU Hadiri Haul Abah Sekumpul di Martapura

Newstara.com TARAKAN – Ikatan Pemuda Bubuhan Banjar Kalimantan Utara melakukan Wisata Religi untuk menghadiri Haul Abah Sekumpul ke-18 di Martapura Banjarmasin Kalimantan Selatan. Rombongan di agendakan menggunakan jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi masing-masing.

“Kami mulai dari Kota Tarakan, ada beberapa mobil disini yang bersama-sama berangkat, nanti setelah sampai di Tanjung Selor InsaAllah ada lagi beberapa mobil yang turut serta dalam ombongan,” tutur Ketua Rombongan, Normansyah kepada Newstara.com pada Rabu pagi, (18/01/2023) di Tarakan.

“Mudah-mudahan kali ini tidak ada kendala, dan alhamdulillah juga bahwa Musholla Arraudha sudah mulai dibuka untuk umum, setelah absen 3 tahun karena Covid-19,” sambungnya.

Normansyah, yang juga Sekjen Pimpinan Pusat IPBBKU ini juga menjelaskan rombongan juga mengagendakan untuk melakukan audiensi dengan Kesultanan Banjar dan berziarah ke makam-makam Raja Kesultanan Banjar, Habaib dan Wali Allah di provinsi Kalimantan Selatan yang terkenal mencetak para kiayi pesohor dunia.

Sekedar informasi, Haul Guru Sekumpul adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati hari wafat Kiai Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang kerap disapa Abah Guru Sekumpul. Haul diadakan setiap tanggal 5 Rajab dan dipusatkan di Mushala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Biasanya, Haul Abah Sekumpul menjadi acara haul terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia dan karena sekitar 6 juta jemaah hadir setiap tahunnya, jumlah jemaah yang hadir terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan, jemaah datang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia serta dari berbagai negara di wilayah Asia Tenggara dan Timur Tengah serta Afrika Utara. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Kaltara