Connect with us

Nasional

Khairul: Bahaya Kejahatan di Era Digital Harus Diwaspadai

Newstara.com TARAKAN – Webinar Literasi Digital garapan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) dengan Topik “Bahaya Kejahatan di Era Digital”, yang diselenggarakan di Kota Tarakan pada Rabu, (08/09/2021) sekitar pukul 14.00 WITA dengan menghadirkan berbagai narasumber.

Mereka adalah Keynote Speech dr. H. Khairul, M.Kes, Moderator Reza Rahman, Key Opinion Leader Bella Citra, dengan narasumber yakni Filmansyah, S.I.Kom., Billy Purwocaroko dan Sri Utami, S.pd.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 peserta secara online ini merupakan bagian dari Program Literasi Digital Nasional : Indonesia Makin Cakap Digital, yang telah dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 20 Mei 2021 lalu.

Masing-masing narasumber menyampaikan materi dari sudut pandang berbeda, seperti empat pilar utama Literasi Digital yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

“Penipuan-penipuan baik nama pejabat yang dicatut lalu meminta sejumlah uang, hingga persoalan orang tua dan anaknya yang sering sekali ada penelpon yang mengatakan anaknya sedang kecelakaan atau apalah. Dan saya kira ini merugikan masyarakat,” tutur dr Khairul.

“Internet itu memiliki jejak digital, dan khawatirnya saat kita memberikan kalimat misalkan kalimat rasis dan lainnya, maka akan ada sepanjang waktu dan bisa diakses siapa saja, begitu juga dengan komen-komen di medos yang mendeskreditkan sesorang atau kelompok, bisa dilihat atau di akses siapa saja,” tutur Filmansyah, S.I.Kom.

Sementara, Windy Oktanaura menyampaikan bahwa dalam setiap informasi yang disajakan media sangat cepat dan akurat, namun ada plus minusnya, sekaligus juga mengingatkan kepada masyarakat betapa pentingnya keamanan media digital (Digital Safety).

“Pentingnya keamanan media informasi, media sosial dalam hal kaedah dan pandangan yang baik sebelum sebuah informasi itu menyebar luas, jadi yang dikatakna bahaya itu adalah pada saat sebuah pernyataan di publikasikan baik di emdia sosial maka bisa saja menyebar dengan cepat, padahal kita belum tahu kebenarannya,” ucap Sri Utami, S.pd.

Sekedar informasi, di wilayah Kota Tarakan, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan berbagai kegiatan Webinar Literasi Digital : Indonesia Makin Cakap Digital selama periode Mei hingga Desember 2021.

Kegiatan Webinar Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, agar masyarakat makin cakap digital dalam memanfaatkan internet demi menunjang kemajuan bangsa.

Masyarakat dapat terus memperoleh berbagai materi pelatihan literasi digital di akun media sosial @siberkreasi. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Nasional