Connect with us

Islampedia

Khotbah Jumat, Baik Buruknya Anak Tergantung Orang Tua Sebagai Pengarahnya

Anak-anak duduk dalam masjid. (Ft. IslamPos)

إن الحمر ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

الحمد لله رب العالمين القائل : وَوَصَّیۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ بِوَٰلِدَیۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنٍ وَفِصَـٰلُهُۥ فِی عَامَیۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِی وَلِوَٰلِدَیۡكَ إِلَیَّ ٱلۡمَصِیرُ

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ سَارَ عَلَى نَهْجِهِ القَوِيْمِ وَدَعَا إِلَى الصِّرَاطِ المُسْتَقِيْمِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

أما بعدُ فيا عباد الله أوصيكم وإيّاي نفسي بتقوى الله حقّ تقاته فقد فاز المتقون.

Jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah SWT…

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah….

Karena hingga detik ini, Allah masih memberikan nikmat iman di dalam hati kita sehingga kita bisa berkumpul di masjid yang penuh berkah ini dalam rangka taqarub kita kepada Allah SWT…

Shalawat dan salam semoga Allah curahkan kepada Baginda Nabi Muhammad Saw. Beserta para ahli keluarga, para sahabat dan pera pengikut nya yg masih istiqamah menjalankan Sunnah-sunnah beliau..

Ditempat yg penuh Barokah ini, Al Khotib mewasiatkan wabil khusus kepada Khotib pribadi serta para jama’ah untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT..mm

Ma”asyiral mukminin rahimakumullah

Children are like a blank sheet of paper.

Demikianlah orang-orang barat berkata. Anak-anak bagaikan kertas putih, yang akan menerima apapun yang ditulis orang tuanya di atas kertas tersebut.

Jika anak di ibaratkan seperti kertas, berarti metafora yang paling tepat untuk mengumpamakan orang tua adalah pensil! Wahai para orang tua, kita semua adalah seumpama pensil. Mari kita renungkan bagaimana menjadi sebuah pensil yang baik.

Sebuah pensil jika terus dipakai untuk menulis lambat laun akan menjadi tumpul, maka pensil tersebut perlu diraut kembali agar menjadi tajam seperti sedia kala.

Jama’ah Jum’at yang berbahagia….

Sebagai orang tua, kita harus selalu update pengetahuan baru setiap saat. Ingatlah bahwa zaman berubah, masa berganti, anak kita menerima informasi lebih cepat dari orang tuanya.

Jika orang tua terus mendidik dengan ilmu yang statis, lambat laun akan menjadi tumpul. Maka meraut pensil itu berarti kembali belajar kepada ahlinya, membaca buku, dan mencoba hal-hal baru.

Mungkin belajar itu sedikit melelahkan, apalagi jika usia sudah tua. Sama seperti pensil, ketika ia diraut tentu terasa sedikit menyakitkan. Tetapi hanya dengan begini pengetahuan sang orang tua kembali menjadi tajam seperti sedia kala.

Sifat berikutnya dari sebuah pensil adalah rela mengakui kesalahan. Coba lihat, bukankah banyak pensil yang kemana-mana selalu membawa penghapus. Terkadang penghapus ini permanen berada pada pangkal bagian atas dari pensil itu sendiri.

Seolah-olah ia berkata, “Aku hanya sebuah pensil yang bisa salah saat menulis. Maka gunakan penghapus ini untuk menghapus kesalahanku.”

Orang tua yang baik tentu berani mengakui kesalahannya kepada anak-anak. Jangan maunya menang sendiri, apalagi jika anak sebetulnya tahu kalau orang tuanya bersalah namun ia tak mendapat contoh seperti apa perbuatan meminta maaf itu.

Kelak anak seperti ini saat dewasa juga tidak akan bisa mengakui kesalahan, apalagi meminta maaf pada orang lain. Karena ia tidak pernah tahu contohnya dari sang orangtua.

Jama’ah yang di rahmati Allah SWT…

Dalam Tafsir Ibnu Katsir diceritakan, suatu hari Khalifah Umar berencana membuat peraturan agar mahar pernikahan yang lebih dari 40 uqiyah akan dialokasikan untuk Baitul Mal.

Ketika itu seorang perempuan mendekatinya lalu membacakan Surat An-Nisa ayat 20, yang menyebutkan larangan seseorang mengambil kembali mahar yang sudah diberikan. Khalifah pun menyadari bahwa rencana beliau kurang tepat. Maka hal tersebut dibatalkan kembali sambil berkata,

امرأة أصابت ورجل أخطأ

“Perempuan itu yang benar, dan lelaki ini yang salah.”

Lihatlah bagaimana seorang Amirul Mukminin saja berani mengakui kesalahan. Maka pantaskah kita jika saat berbuat salah, justru mencari-cari alasan dan pembenaran.

Orang tua layaknya pensil, yang selalu sedia penghapus dan siap dihapus kesalahannya jika memang bersalah. Dengan demikian anak-anak kita akan mendapati tulisan pensil yang benar dalam lembaran kertas putih mereka.

Semoga kita menjadi contoh tauladan bagi anak-anak kita, agar kelak anak-anak kita menjadi anak mampu menganalisa kesalahan dirinya sebelum menyalahkan orang lain dan in syaa Allah manjadi anak yg Sholeh dan Sholeha kelak… Aamiin ya rabbal Alamiin.

اقل هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ أن ه هي الغفورحىم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، نبينا محمد و آله وصحبه ومن والاه، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أنَّ محمّداً عبده ورسولهُ

اَمَّا بعر

فَيَااَ يُّهَاالنَّاسُ !! اِتَّقُوا اللهَ تَعَالىَ. وَذَرُوالْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ منها وَمَا بَطَنْ. وَحَافِظُوْا عَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ. فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاًعَلِيْمًا

اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمسْلِمَاتِ وَالمؤْمِنِيْنَ وَالمؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَةِ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى

رَبنا أَدْخِلْنا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لنا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا

اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِى الأُمُورِ كُلِّهَا وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْىِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ. وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ. وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

عباد الله، إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم وادعوه يستجب لكم ولذكر الله أكبر.

Ditulis dan Disusun oleh : Ustd. Muhammad Fitroh

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Islampedia