Connect with us

Pilkada Kaltara

Konvensi Cari Wakil, H Udin Hianggio Buka Peluang Pasangan Partai Atau Non Partai

Balon Gubernur Periode 2020-2025 bersama Direktur Konvensi Sukma Ardiansyah. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) aktif H Udin Hianggio sepertinya punya cara baru untuk mencari pasangan dalam konstlasi politik Pilkada Kaltara periode 2020-2025. Jika sebelumnya, dirinya membuka peluang bagi tiga inisial, namun kini masyarakat Kaltara dilibatkan untuk menentukan pasangannya melalui jalur Konvensi yang mulai digelar pada tanggal 25-30 November 2019.

Sekedar informasi, politik konvensi mencari calon kandidat ini sudah cukup populer di Indonesia, dan mulai banyak dikenal publik saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2013 lalu mencari kandidat untuk calon Presiden yang diusung Partai Demokrat.

H Udin Hianggio mengatakan konvensi bertujuan sebagai bahan pembanding dan pertimbangan parpol dan bukan menghilangkan peran dari partai. Justru konvensi akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat baik dari partai, sebelum memberikan rekomendasi mengusung pasangan H Udin Hianggio dalam Pilgub Kaltara.

“Kita kombinasikan antara survey dengan hasil konvensi, dan saya yakin partai juga ingin calonnya menjadi pemenang dan tidak salah memberikan dukungan dan pengusungan kepada pasangan yang justru bisa kalah,” ujar H Udin Hianggio kepada awak media ada Jumat malam, (22/11/2019) di Cafe Kongkalikong di Jalan Mulawarman Tarakan.

Balon Gubernur 2020 H Udin Hianggio mencari pasangan melalui Konvensi terbuka. (Ft. Dok)

“Saya sangat menghormati putusan Partai, jika survey dan hasil konvensi dijadikan dasar pertimbangannya maka Insya Allah kita berpeluang memenangkan Pilgub Kaltara, apakah dia seorang kader partai atau non partai yang jelas itu adalah keinginan masyarakat, maka saya siap memegang amanah rakyat dan siap menang,” tuturnya.

Sementara, Sukma Ardiansyah sebagai Direktur Konvensi H Udin Hianggio mengungkapkan bahwa ada dua metodelogi yang dilakukan tim H untuk mencari pasangannya sebagai Wakil Gubernur. Yakni, melalui jalur survey internal partai maupun konvensi yang secara langsung melibatkan seluruh masyarakat Kaltara di Kabupaten Nunukan, Malinau, Bulungan, Tana Tidung dan Kota Tarakan.

Hasil konvensi dan hasil survey internal partai nantinya bersama-sama akan menjadi sebuah bahan pembanding, dalam penentuan pasanganya di Pilgub Kaltara 2020 mendatang. Sehingga, langkah yang ditempuh tim dianggap sangat berkeadilan dan demokrasi dengan melihat berbagai sisi dan faktor pendukung.

“Secara teknis konvensi ini kita lakukan pada 4 wilayah Kabupaten dan kota, kita berharap masyarakat bisa mengusulkan pasangan pak Haji, (Udin Hianggio,red). Karena kita menginginkan pilihan pak Haji ini tepat dan benar-benar yang di inginkan masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, masyarakat Kaltara juga berhak menentukan pilihannya dan mengusulkan siapa pilihannya. Dan setiap wilayah di Kaltara akan dibuka posko Konvensi Publik, sehingga setiap masyarakat dapat dengan mudah mengusulkan nama-nama kandidat pasangan H Udin Hianggio.

“Kami akan membuka posko, mekanismenya kami mengumumkan melalui group Whatsapp dan sosmed hingga media, dan masyarakat bisa mengetahui terkait konvensi ini dan kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi secara langsung, bisa saja nanti muncul nama baru, saya yakin apa yang diinginkan Tarakan pasti berbeda dengan Nunukan, dan hasil konvensi ini akan diserahkan kepada Parpol sebagai bahan pertimbangan mereka untuk mengusung pasangan H Udin,” ujarnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada Kaltara