Connect with us

Bulungan

Luar Biasa, NYATA Akan Jadikan Madu Kelulut Komoditi Andalan

Newstara.com – TANJUNG SELOR – Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulungan H. Najamuddin SE – dr. Ari Yusnita akan mengembangkan produk madu kelulut yang selama ini di kelola para peternak lebah kelulut Bulungan.

“Ini merupakan produk yang sangat potensial dan harus  dikembangkan sehingga dapat menjadi salah satu hasil andalan para peternak lebah kelulut. Dan kita harus kelola tempat lahan dan peternak yang paham mengenai produk madu kelulut apabila inginkan hasil yang berkualitas, karena untuk berternak lebah kelulut itu lebih sulit dari lebah biasa”, tutur Ari Yusnita kepada Newstara.

Jika terpilih menjadi pemimpin Bulungan, mantan anggota DPR RI dari Dapil Kaltara ini juga menyinggung beberapa sektor utama yang akan diperhatikan untuk peternak nantinya agar dapat menjadi komoditi warga Bulungan.

“InsyaAllah jika terpilih untuk memimpin warga Bulungan, nanti akan kita beri bantuan dan juga penyuluhan langsung untuk para peternak lebah kelulut dan tentunya akan didampingi oleh tim atau instansi terkait yang menguasai sektor tersebut sehingga bisa berkembang dan hasil madunya dapat dipasarkan hingga keluar daerah, bukan hanya untuk pembeli lokal”, sambungnya.

Sementara itu, salah seorang peternak lebah kelulut di km 12 Tanjung Selor, Solikin mengaku sudah lama berternak lebah kelulut namun belum menghasilkan banyak madu sehingga omset yang didapatkan masih minim, sehingga masyarakat peternak lebah kelulut sangat membutuhkan peran pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bulungan.

“Saya sudah hampir 3 tahun menekuni usaha beternak lebah kelulut dan memproduksi madunya, saat ini omzet masih kecil seiring hasil produksi yang juga minim, selain itu pembeli hanya datang di sekitar Bulungan saja dan pemesanannya pun sedikit. Untuk madu ukuran satu botol sirup dijual seharga 200 ribu hingga 300 ribu rupiah itu pun tidak tiap hari dapat menjualnya. Saya pun berharap bantuan setidaknya dari pemerintah daerah, terutama Paslon NYATA jika terpilih nanti” tuturnya.

“Selain fokus menjual madunya, saya juga menjual produk olahan madu lainnya  karena banyak khasiat dan manfaat yang dihasilkan oleh madu kelulut salah satunya sangat bagus untuk perawatan kulit karena mengandung kolagen”, pungkasnya.

Reporter : Hendi Rustandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan