Connect with us

Covid-19

Masih Misteri Penularan 1 Pasien, Total Covid-19 Tarakan Ada 35 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan pada Selasa siang, (05/05/2020) terjadi penambahan 1 orang sehingga jumlah kumulatif menjadi 35 orang pasien yang terkonfirmasi positif test Swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jakarta.

Namun, pasien positif Covid-19 berinisial A (L) 33 tahun dari Kelurahan Karang Anyar RT 3 Tarakan, masih dilakukan treacing riwayat dimana pasien mendapatkan Virus Covid-19 tersebut. Pasalnya, hingga saat ini belum ada laporan melakukan perjalanan, terpapar salah satu klaster atau lainnya.

“Belum ada laporan pelaku perjalanan, dan tidak ada klaster yang menjadi sumber penularan, dan kita hari ini akan melakukan treacing lebih rinci lagi, pasien masuk ke Rumah Sakit Tarakan sejak 3-4 hari lalu, dan sebelumnya berstatus PDP,” tutur Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes

“Hanya saja si pasien ini terdeteksi batuk, sesak nafas dan memiliki riwayat asma yang sudah 1 tahun. Dan sudah di Rontgen dan tidak ada perjalanan baik dari luar negeri maupun luar daerah, yang pastinya tidak ada laporan dia menjadi pelaku perjalanan,” sambungnya.

Sementara, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Tarakan juga melaporkan jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang dirawat sebanyak 6 orang dan yang meninggal sebanyak 5 orang. Dan pada tanggal 4 Mei 2020 terdapat penambahan kasus kematian 1 orang yang merupakan PDP serta pada hari itu juga telah dimakamkan di TPU Juata Laut dengan prosedur pemakaman Covid-19.

Jumlah kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) saat ini sebanyak 371 orang dengan pemantauan yang dilakukan oleh Puskesmas sesuai wilayah tempat tinggal sebanyak 108 orang. Jumlah pasien yang selesai menjalani pemantauan sebanyak 263 orang dan dinyatakan sehat serta mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas.

Secara kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) saat ini sebanyak 478 orang yang sedang dilakukan pemantauan sebanyak 321 orang dan yang selesai dilakukan pemantauan sebanyak 157 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala namun miliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19.

“Jumlah kumulatif konfirmasi positif sebanyak 35 orang hari ini terdapat 1 penambahan kasus positif Covid-19 yaitu Covid35 inisial nama A (L) 33 tahun dari warga kelurahan Karanganyar RT 3,” ujar Devi.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Covid-19