Connect with us

Pemprov Kaltara

Menuju Pemulihan Ekonomi Kaltara, Sekda Buka Sosialisasi Pemanfaatan Tabel Input-Output

TANJUNG SELOR – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Suriansyah membuka kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Tabel Input-Output menuju pemulihan ekonomi Kaltara yang Berubah, Maju, Sejahtera, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan ini berlangsung secara virtual dari Ruang Rapat Kantor Sekdaprov, yang turut dihadiri Inspektur Utama BPS RI Akhmad Jaelani, Kepala BPS Provinsi Kaltara Tina Wahyufitri, dan beberapa narasumber lainnya.

Di antaranya Koordinator Fungsi Nerwilis BPS Provinsi Kaltara, Kepala Pusat Studi Perencanaan, Pembangunan dan Pengembangan Wilayah UBT, Kepala Bappeda-Litbang, Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltara, dan Sekretaris Bappeda-Litbang.

Dalam laporannya, Kepala BPS Kaltara menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah bagian dari rangkaian acara Hari Statistik Nasional. Di mana program penyusunan tabel input-output merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh seluruh provinsi di Indonesia.

Ia menambahkan bahwa BPS Kaltara pada pekan lalu telah berkolaborasi dengan Bappeda-Litbang dalam menyelenggarakan pengenalan serta pemanfaatan tabel input-output ke perangkat daerah di Provinsi Kaltara.

Sementara Gubernur Zainal A.Paliwang dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprov Kaltara bahwa kegiatan sosialisasi tabel Input-Output sangat penting dalam pembangunan ekonomi.

“Perencanaan pembangunan ekonomi memerlukan berbagai macam data statistik sebagai dasar berpijak dalam menentukan strategi kebijakan agar sasaran pembangunan dapat dicapai dengan tepat,” paparnya.

Tak hanya itu, tabel Input-Output ini merupakan model analisis yang praktis dan bersifat kuantitatif. Model tersebut dapat memberikan gambaran mengenai kinerja ekonomi dalam cakupan nasional maupun regional.

“Tabel Input-Output akan menjelaskan keterkaitan dan interaksi produk barang dan jasa dalam struktur perekonomian, (dan) hasil analisisnya dapat digunakan untuk mendukung perencanaan dan kajian yang berkaitan dengan persoalan ekonomi dan sosial di daerah,” jelasnya.

Pemprov Kaltara akan terus berupaya menghasilkan kegiatan pembangunan yang positif dan konstruktif dalam misi mewujudkan peningkatan ekonomi yang berdaya saing dan mengurangi kesenjangan antarwilayah.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar demi sumbangsih kita semua terhadap pembangunan Kaltara, yaitu menuju Kaltara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera,” pungkasnya mengakhiri sambutan. (gg/dkispkaltara)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pemprov Kaltara