Wow, Harga Ayam Potong Sekilo Rp 70 Ribuan di Tarakan

RedaksiRedaksi - Senin | 11 Juni 2018 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA
Ilustrasi ayam potong putih.(Foto: Dok)

Newstara.com TARAKAN - Harga ayam potong pada Sejumlah pasar tradisional di Kota Tarakan, terus mengalami kenaikan secara siginifikan. Bahkan, sebelumnya seharga Rp 50 ribu perkilogramnya dan kini sejak Senin pagi, (11/06/2018) sudah mulai naik menjadi Rp 60 ribu perkilogramnya.

Kenaikan harga tersebut diprediksi karena tingginya permintaan ayam potong pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1439 hijriah, sementara stok para peternak tidak mencukupi sehingga hanya beberapa pedagang saja yang menjualnya.

"Memang sempat kosong beberapa hari lalu, sekarang ada stoknya cuma sepertinya nggak banyak, dan harga pengambilan sudah mahal dari boss Toke (Pemilik kandang ayam,red) saya," tutur Iman pedagang Ayam Pasar Gusher.

Iman menyebutkan, pihaknya menjual ayam potong bersih antara Rp 60-65 ribu perkilogram, sementara ayam potong kotor termasuk kepala, hati, ampela, usus dan kaki perkilogramnya seharga Rp 50-55 ribu perkilogram.

Sementara, pedagang ayam potong di pasar Tenguyun H. Sia mengatakan pihaknya justru menjual ayam potong bersih seharga Rp 70 ribu perkilogramnya, dan untuk ayam potong kotor seharga Rp 60 ribu perkilogramnya. Kondisi tersebut, di perkirakan terjadi hingga beberapa setelah lebaran Idul Fitri.

"Banyak orang mau Lebaran, rata-rata orang beli ayam mangkanya ayam langka, kalau sudah langka pasti harga ikut naik kalau sekarang kita jual 70 ribu perkilo, biarpun kita jual mahal tetap saja orang beli karena memang ayam sudah kebutuhan orang mau berlebaran," ucapnya kepada Newstara.com

Saat di konfirmasi, AA salah satu pemilik kandang ayam di Kampung Bugis Tarakan bahwa dirinya salah perhitungan dengan memasukkan bibit ayam potong pada 20 hari sebelum ramadhan, sehingga panen dilakukan sekitar 10 hari lalu. Sehingga, stok menjelang Hari Raya Idul Fitri menjadi kosong.

"Kandang saya sudah kosong, karena sudah panen seminggu lalu sekitar 10 hari-an lalu lah, kalau sekarang mungkin ada kandang lain punya stok ayam, apalagi sudah dekat lebaran biasanya harganya naik," tutur AA kepada Newstara.com

Reporter: Andika