Jufri Budiman Fokus Perekonomian Tarakan Melalui UKM

RedaksiRedaksi - Rabu | 26 September 2018 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA

Newstara.com TARAKAN - Calon Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Jufri Budiman memastikan jika dirinya terpilih untuk duduk di legislatif maka salah satu perjuangannya adalah untuk kesejahteraan dan perekonomian kerakyatan melalui Usaha Kecil Menengah dari berbagai sektor

Ketua HIPMI Tarakan ini menyebutkan, dengan mengupayakan pertumbuhan UKM maka akan menciptakan lapangan kerja yang stabil, dimana peran serta pemerintah dan legislatif harus ikut bersama-sama mendorong usaha-usaha kecil masyarakat.Pasalnya, saat ini persentase pengangguran di Provinsi Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan terjadi pada usia produktif antara 19 tahun hingga 35 tahun.

"Saya kira, baik eksekutif dan legislatif harus mendorong masyarakatnya untuk membuka usaha sendiri, karena para pelaku usaha di Indonesia khususnya di Kaltara ini sangat minim sekali, dan inilah yang menjadi salah satu perjuangan saya jika terpilih nanti," tuturnya kepada Newstara.com pada Rabu pagi, (26/09/2018) di kediamannya.

Politisi Partai Gerindra yang sekaligus pengusaha ini berharap masyarakat dapat diberikan motivasi dan stimulan dengan adanya paket-paket atau sistem permodalan yang lebih memudahkannya dalam berusaha. Karena, saat calon pelaku usaha berkeinginan menjalankan usahanya, biasanya terkendala dengan permodalan.

"Namun, jangan pula terfokus pada permodalan, karena modal ini berkaitan dengan kepercayaan, harus di usahakan dulu pakai dana sendiri atau pinjaman dengan kerabat atau saudara. Tapi alangkah baiknya jika Pemerintah juga ikut membantu calon pelaku usaha ini," ucapnya.

"Untuk jenis-jenis usaha ini apapun bisa menjadi hits atau populer serta laris manis jika kita mampu memberikan solusi dan memudahkan konsumen, sehingga dibutuhkan inovasi dan kreatif," tambahnya.

Jufri Budiman menyebutkan usaha yang bisa dilakukan pelaku usaha pemula seperti pada sektor kuliner, otomotif, informasi teknologi, jasa pariwisata, jasa transportasi dan lain-lain. Sementara, untuk usia-usia produktif dan matang yang memiliki cukup modal dapat merambah ke bisnis peternakan, perkebunan, perikanan hingga pertanian.

"Apapun usahanya, jika satu atau dua kali gagal, tidak masalah terus bangun lagi dan berusaha lagi, karena saya dulu juga begitu jatuh bangun, dan terus berusaha serta di iringi demgan doa, maka pasti ada jalan kesuksesan, pengusaha muda harus tetap semangat," tutupnya.

Reporter: Andika