Mengintip Salah Satu Program Kerja Caleg PAN Yoko Handani

RedaksiRedaksi - Kamis | 18 Oktober 2018 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA
Yoko Handani, SE Caleg Nomor Urut 2 Dapil Tarakan Barat. (Foto:Andik)

Newstara.com TARAKAN - Calon legislatif (Caleg) dari daerah pemilihan Tarakan Barat dengan nomor urut 2 yakni Yoko Handani, SE menegaskan dirinya akan fokus dalam membantu dan memfasilitasi sejumlah pelaku usaha kecil serta menengah dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satunya adalah menciptakan inovasi untuk memasarkan produk lokal agar memiliki daya saing tinggi didalam dan luar daerah.

Baginya, setiap produk lokal khas Tarakan tidak kalah dengan produk olahan lainnya, namun kerap kali dari sisi kemasan produk masih sedikit tertinggal. Sehingga, dibutuhkan kreasi dan inovatif pada sisi kemasan.

"Kemasan yang harus kita kreasikan dan lebih 'greget', nah kita contoh seperti UKM di Jakarta atau daerah lainnya dimana biaya kemasan saja mereka rela mengeluarkan 5 hingga 10 persen dari harga pokok, dan ini tidak masalah karena harga jual pun bisa dinaikkan, setelah kemasannya cantik maka saatnya di pasarkan ke luar daerah atau di luar negeri," tutur Yoko Handani saat ditemui di Rumah PAN, Kamis pagi (18/10/2018).

Yoko mengatakan untuk pemasaran produk maka dapat dilakukan hingga keluar daerah atau luar negeri, karena pada saat ini segala akses informasi menggunakan jaringan internet dapat lebih mudah dan murah terjangkau masyarakat. Apalagi, cukup banyak bermunculan onlineshop yang bisa memasarkan produk secara gratis.

"Paling penting adalah kemasannya dulu, setelah itu baru pasarkan ke onlineshop seperti Bukalapak, Tokopedia, Amazon dan lain-lain sudah ada semua, orang Malaysia, Brunei, hingga orang Amerika pun bisa beli produk Tarakan, kita hidup di jaman yang lebih mudah dan informasi teknologi tersedia di smartphone masyarakat, dan usaha ini bisa dilakukan baik ibu-ibu, anak muda hingga orangtua semua bisa," ucap Yoko Handani.

Beberapa produk lokal perikanan yang dapat dipasarkan secara luas meliputi produk olahan kepiting, mulai dari kepiting soka, capit kepiting dan lainnya. Untuk olahan ikan seperti Bandeng Presto, Bandeng tanpa duri, Bandeng bumbu, ikan tipis dan lainnya.

"Selain olahan kepiting dan ikan, bisa juga udang krispy, olahan kulit udang menjadi terasi, atau bisa juga dibuat kerupuk, sambal udang dan lainnya," ucap Yoko Handani.

"Kita memiliki produksi produk olahan perikanan yang lebih baik dan lebih besar ketimbang daerah lain, sehingga setiap masyarakat memiliki potensi yang sama untuk mengembangkannya, dan inilah salah satu program saya untuk meningkatkan penghasilan dan taraf hidup masyarakat Tarakan menjadi lebih baik," tambahnya.

Yoko Handani mengatakan para pelaku usaha di Indonesia khususnya di Kota Tarakan masih terbilang sangat rendah, sehingga untuk menaikkan presentase jumlah pengusaha maka dibutuhkan niat yang tulus untuk mengajak masyarakat untuk memiliki usaha dan penghasilan.

"Masyarakat yang memiliki usaha maka dengan sendirinya nanti akan melihat nikmatnya dan seninya punya usaha, serta diiringi dengan doa dan sedekah Insya Allah akan ada jalan menuju kesuksesan," tutup Yoko Handani.

Reporter : Andika