Yukk Mengenal Visi-Misi Hasan Basri Caleg DPD RI

RedaksiRedaksi - Jumat | 02 November 2018 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA
Calon Anggota DPD RI Dapil Kalimantan Utara Hasan Basri, SE 

Newstara.com TARAKAN - Hasan Basri, SE adalah salah satu pemuda yang memiliki cukup banyak aktif dalam berbagai organisasi masyarakat, mulai dari KNPI, Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kaltara dan Tarakan, Kadin hingga lainnya. Dan kali ini, dirinya ingin melangkah lebih jauh dengan mencalonkan diri menjadi Anggota DPD RI periode 2018-2024.

Sejumlah visi misi pun ditawarkannya untuk menjadi kerangka kerjanya dalam mengemban tugas sebagai wakil rakyat di senayan kelak. Lalu, apa saja visi misi nya, berikut Newstara.com merangkumnya.
 
"Menjadikan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia sebagai lembaga perwakilan yang mampu secara optimal dan akuntabel memperjuangkan aspirasi daerah untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, dan inilah visi saya kedepannya," tutur Hasan Basri kepada Newstara.com pada Jumat siang, (02/11/2018) di Tarakan.

Sementara, untuk misi DPD RI adalah memperkuat kewenangan DPD RI melalui amandemen UUD 1945, mengoptimalkan pelaksanaan fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran sesuai kewenangan yang ditetapkan oleh UUD 1945 dan Undang-Undang, memperkuat kapasitas pelaksanaan fungsi representasi yang mencakup penampungan dan penindaklanjutan aspirasi daerah dan pengaduan masyarakat serta peningkatan pemahaman masyarakat tentang kelembagaan DPD RI dalam rangka akuntabilitas publik.

 
Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan lembaga-lembaga negara/pemerintah dan non pemerintah di dalam negeri dan lembaga perwakilan negara-negara sahabat termasuk masyarakat parlemen internasional, meningkatkan kinerja dan kapasitas kelembagaan baik yang menyangkut tampilan perorangan para anggota DPD RI maupun pelaksanaan fungsi kesekretariatan jenderal termasuk tunjangan fungsional/keahlian.

"Sehingga baik visi dan misi saya akan bersinergi dengan Provinsi Kalimantan Utara, seperti 'Berpadu Dalam Kemajemukan Untuk Mewujudkan Kaltara 2020 Yang Mandiri, Aman dan Damai Dengan Didukung Pemerintahan Yang Bersih Dan Berwibawa'," ujarnya.

Hasan Basri juga menerangkan bahwa untuk mensinergikan misi yang sama dengan Provinsi Kaltara, maka Provinsi Kaltara harus mampu menjadi Mandiri seperti mengurangi kemiskinan dan pengangguran, meningkatkan daya saing ekonomi rakyat berbasis agroindustri, pariwisata, dan pertambangan yang berkelanjutan.

"Dibutuhkan juga upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia, serta berdaya saing tinggi, Membangun infrastruktur fisik dan ekonomi yang berkualitas, Meningkatkan interkonektivitas antardaerah dan dengan negara
tetangga," ujarnya.

Selain itu, harus mampu menjaga Aman dan Damai seperti Menjaga kedaulatan negara dan keutuhan NKRI, Membangun daerah perbatasan yang aman, Memberantas berbagai transaksi dan bisnis illegal.

Sementara, secara pribadi Hasan Basri memiliki visi untuk menjadi anggota DPD yang mampu memperjuangkan dan mengawal legislasi yang terkait dengan tujuan Kaltara dalam mewujudkan cita-cita Kaltara. Dan untuk misi pribadinya antara lain secara berkesinambungan mengawal fungsi, pengawasan dan penganggaran dalam kaitannya dengan kebijakan Kaltara. Dan memperkuat dan terus memperjuangkan dan melaksanakan aspirasi rakyat Kaltara.

"Insya Allah dukungannya sangat saya harapkan agar dapat memberikan manfaat untuk Kaltara kedepan," tutupnya.

Reporter: Andika