Jamaludin Jaffar : Keseimbangan Biaya Hidup Dan Penghasilan Yang Tinggi Di Kaltara Menjadi Tantangan

RedaksiRedaksi - Senin | 05 November 2018 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA
Caleg DPR RI Dapil Kalimantan Utara Nomor urut 3, H. Jamaludin Jaffar Jerre (Triple J).

Newstara.com TARAKAN - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan salah satu daerah termuda di Indonesia yang menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), sehingga untuk menjadikan Kaltara sejahtera dan makmur tentu dibutuhkan kerja keras dari berbagai pihak. Bahkan, tingginya biaya hidup dan penghasilan yang tinggi menjadi sebuah tantangan yang harus diselesaikan.

H. Jamaludin Jafar Jerre (Triple) yang sudah berpengalaman selama menjadi Anggota DPR RI dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyebutkan bahwa saat ini kebutuhan pokok masyarakat di Provinsi Kaltara, masih di dominasi persediaan atau suply dari luar daerah, mulai dari beras, sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan telur. Sementara, tersedia lahan yang cukup berpotensi untuk pengembangan dan ketersediaan bahan bahan makanan tersebut.

Sehingga para petani harus dipacu untuk dapat mengembangkan sayur dan buah-buahan agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat Kaltara, bilaperlu dilakukan sejumlah penelitian dan pengembangan dari tim-tim ahli bagaimana cara meningkatkan produksi dengan kwalitas yang tinggi.

"Kita saat ini masih terfokus pada ketersediaan bahan bahan makanan pokok dari luar daerah, mulai beras, sayuran hingga buah dan daging, kita punya lahan tapi kita tidak mengembangkannya secara maksimal, sehingga hampir semua bahan makanan dari luar daerah," tuturnya kepada Newstara.com pada Senin pagi, (05/11/2018) melalui selulernya.

H. Jamaludin Jafar yang kembali maju sebagai Anggota DPR RI dan mewakili daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Kaltara ini menilai jika kebutuhan bahan makanan dari luar daerah maka dapat dipastikan transportasi akan berperab penting dalam menunjang perputaran ekonomi di Kaltara, hal tersebut akan menjadi tantang tersendiri seperti transportasi darat, laut, sjngai dan udara.

"Berarti transportasi yang menjadi penunjang ini juga harus dibenahi dan disempurnakan," tambahnya.

Sebelumnya, Jamaludin Jafar selama 2 periode menjadi Anggota DPR RI mewakili masyarakat Papua, namun kali ini ingin mewakili Kaltara karena sudah 3 tahun terakhir ini hadir di daerah dalam rangka turut menumbuhkan kegiatan ekonomi dibidang perikanan.

"Peran serta eksekutif dan legislatif sangat besar untuk kemajuan suatu daerah, kalau dulu mewakiki rakyat Papua, kini saya mewakili rakyat Kaltara, karena banyak potensi di Kaltara yang bisa dikembangkan sama masyarakatnya, baik dari sektor ekonomi, pariwisata hingga pendidikan dan budaya," tuturnya kepada Newstara.com

Reporter : Andika