Yoko Handani, Mantan Wartawan Kampanyekan One Family One Bussiness

RedaksiRedaksi - Kamis | 15 November 2018 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA
Caleg Tarakan Barat nomor urut 2, Yoko Handani.

Newstara.com TARAKAN - Calon Anggota DPRD Tarakan dari daerah pemilihan (Dapil) Tarakan Barat dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nomor urut 2 Yoko Handani,SE mempersiapkan dirinya dalam pemilihan calon legislatif. Dukungan dari pihak keluarga, kerabat hingga masyarakat di dapil Tarakan Barat, sudah menjadi sebuah keharusan yang di jalankannya sejak dua tahun terakhir ini.

Yoko Handani menginginkan Kota Tarakan menjadi sebuah kota kecil yang menjadi pusat perekonomian di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Salah satu program yang dikampanyekannya adalah setiap kepala keluarga, setidaknya dapat memiliki satu usaha kecil (One Family One Bussiness).

"Belajarlah memiliki usaha sendiri, biarpun jual-jual pulsa ibaratnya atau jual makanan yang dipasarkan secara online, yang penting punya usaha yang ditekuninya, karena banyak orang-orang kaya yang lahir bukan karena orang tuanya kaya, namun mereka mau berjuang dan memiliki usaha yang mandiri," tutur Yoko Handani kepada Newstara.com beberapa waktu lalu.

Yoko mengatakan tidak masalah jika saat ini masih bekerja sebagai PNS, pegawai swasta atau menjadi bawahan diperusahaan. Namun, pelan tapi pasti setiap kepala keluarga dapat memikirkan dan memulai  rencana untuk membuka usaha serta memulainya dengan skala kecil. 

"Program ini sangat baik, karena jika persentase masyarakat yang memiliki usaha cukup banyak maka dengan sendirinya akan menciptakan kesejahteraan secara global di Tarakan dan tentu akan berpengaruh pada PAD Tarakan itu sendiri, untuk itu baik eksekutif dan legislatif harus ikut terlibat," ucap Yoko Handani.

Baginya untuk dapat menjalankan program tersebut secara maksimal, maka dirinya harus menjadi Anggota DPRD Tarakan, sehingga setiap ide dan pemikiran serta strategi untuk membuka simpul-simpul apa saja yang dihadapi masyarakat hingga pendanaan dapat dijalankan dengan baik.

"Ini salah satu program saya, mudah-mudahan bisa terlaksana, karena memang saya berkeyakinan untuk menjalankan program One Family One Bussiness, maka strategi untuk mensejahterakan setiap keluarga ini harus berjalan secara maksimal," tuturnya.

Yoko Handani yang telah memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Tarakan periode 2019-2024 karena menginginkan berbagai perubahan ditengah masyarakat dan menciptakan peluang usaha yang beriorientasi pada masyarakat kecil. Baik dengan peningkatan jumlah UMKM, hingga menciptakan produk-produk home industri di Kota Tarakan.

"UMKM ada, home industri juga ada, tapi kalau tidak ada perputaran uang di dalam kota, siapa yang mau belanja, dan harus di ingat masyarakat kita ini masih membutuhkan dan menggantungkan hidup dengan kebijakan penganggaran APBD yang memiliki multiefek berantai, dan itu salah satu kendala yang kita hadapi di sini, nanti kita bisa buka simpul-simpulnya satu persatu," ujar Yoko Handani.

"Dan walau bagaimanapun sehebat-hebatnya program, maka harus didukung oleh masyarakat, sehingga saya butuh bantuan masyarakat di Tarakan Barat di kelurahan Karang Anyar, Karang Anyar Pantai, Karang Balik, Karang Rejo dan Karang Harapan untuk memilih nomor urut 2 Yoko Handani dari PAN, namun perjuangan yang saya lakukan bukan hanya untuk warga Tarakan Barat tapi untuk seluruh masyarakat di Kota Tarakan," tutupnya.

Reporter: Andika