Terpilih DPD RI, Joko Slamet Siap Kawal DOB Sebatik, Apau Kayan, Kabudaya dan Tanjung Selor

RedaksiRedaksi - Kamis | 28 Maret 2019 WIB
judul]
FOTO : NEWSTARA / ISTIMEWA
Joko Slamet (Joss) for DPD RI dapil Kalimantan Utara.


Newstara.com TARAKAN - Calon Anggota DPD RI nomor 29, Joko Slamet atau biasa disapa Joss memiliki agenda untuk mensejahterakan masyarakat di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), salah satunya adalah mengawal pemekaran di Provinsi termuda ini. Bahkan, empat daerah sekaligus yakni Daerah Otonomi Baru (DOB) Sebatik, DOB Kabudaya, DOB Apau Kayan dan DOB Tanjung Selor.

Joko Slamet mengatakan pengajuan DOB di Provinsi Kaltara agak sulit, namun jika dilakukam secara bersama-sama dan dilakukan gerakan secara masif, baik dari legislatif seperti DPD RI dan DPR RI, ditambah dengan gerakan secara masif dari arus bawah. Maka dipastikan pemekaran akan terlaksana dengan cepat.

"Artinya begini, kita harus memiliki perwakilan di DPD RI yang benar-benar membela dan mendorong aspirasi pemekaran langsung kepada Presiden, sehingga pak Presiden dengan segera mencabut moratorium pemekaran dan berimplikasi pada persetujuan proposal pemekaran di Kaltara," ujarnya kepada Newstara.com pada Kamis sore, (28/03/2019) di Restauran Jibe Mulawarman Tarakan.

Joss mengatakan hasil kunjungannya beberapa bulan terakhir ini dalam rangka sosialisasi sebagai Calon DPD RI ke berbagai daerah di Kaltara, masih terlihat ada daerah-daerah yang membutuhkan sentuhan langsung kesejahteraan, pemangkasan birokrasi dan moda transportasi yang dikelola secara maksimal oleh daerah itu sendiri.

Ia mencontohkan seperti di daerah Krayan dan Krayan Selatan yang sulit terjangkau transportasi, lalu daerah Kabudaya yang menjadi langganan banjir dari Malaysia, lalu Sebatik yang menjadi gerbang antara Nunukan dan Tawau sehingga beredar dua mata uang antara rupiah dan ringgit selain itu Tanjung Selor yang harus menjadi sebuah kota dan di plot sebagai ibukota Provinsi Kaltara.

"Masing-masing daerah ini memiliki permasalahannya sendiri-sendiri,dan kita berharap adanya dukungan dari masyarakat, dan jika saya nanti terpilih maka agenda utama saya adalah daerah-daerah ini harus dimekarkan agar kesejahteraan masyarakat bisa terjamin," ujar Joss sesaat menggelar pertemuan bersama para pelaku usaha Kaltara di Kota Tarakan. (***)