Connect with us

Bulungan

NYATA Hadiri Pesta Laut Tanah Kuning di Tanjung Palas Timur

Salah satu Prosesi Adat Pesta Laut Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur. (Ft. Dok Newstara)

Newstara.com TANAH KUNING – Pesta Laut Tanah Kuning yang berada di Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan merupakan sebuah tradisi yang digelar tahunan oleh nelayan dan warga. Dan kali ini, ditengah pandemi Covid-19, Pesta Laut Tanah Kuning yang digelar pada Rabu siang (16/09/2020) sedikit berbeda.

Pagelaran Pesta Tanah Kuning yang dipusatkan di sekitar pesisir pantai berlangsung khidmat dan sakral karena merupakan bentuk rasa syukur kepada Maha Pencipta atas limpahan hasil laut yang sudah di jadikan mata pencaharian warga setempat hingga puluhan tahun.

Seorang Nelayan dan Warga Tana Kuning, Muhammad Nur mengisahkan bahwa Pesta Tanah Kuning merupakan acara rutin tahunan bagi sebagian besar warga yang berprofesi sebagai nelayan, dan pesta laut itu menjadi bukti rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami warga Tanah Kuning berterima kasih dan bersyukur atas hasil laut yang melimpah dan menjadi andalan kami untuk penghasilan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti ikan dan udang, atau hasil laut lainnya,”

Walaupun tidak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya, karena masa pandemi Covid-19 namun warga tetap antusias mengikuti prosesi dari awal hingga akhir acara. Bahkan, dr Ari Yusnita Calon Wakil Bupati Bulungan, menyempatkan hadir dalam acara Pesta Laut Tanah Kuning itu.

“Biasanya acara dilakukan sekitar bulan Mei setiap tahunnya, pas waktu hasil laut melimpah, makanya tahun ini baru terlaksanakan. Biasanya juga ada lomba perahu hias, lomba ketinting dan lomba menangkap ikan, tapi sekarang tidak ada karena Covid-19, tutur Muhammad Nur.

Namun, tradisi melepas perahu dan menampilkan berbagai kebutuhan pokok serta panganan khas Tanah Kuning ke laut lepas, tetap dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada alam dan Tuhan Yang Maha Esa.

Reporter : Hendi Rustandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan