Connect with us

Pilkada Kaltara

Parpol Desak Marthin Billa Muncul Pilgub Kaltara 2020

Anggota DPD RI Dapil Kaltara, Dr. Drs. Marthin Billa, MM. (Ft. Dok)

Newstara.com JAKARTA – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Pilgub-Pilwagub Kaltara) kabarnya mulai mencuat seorang tokoh Dayak, asli putera daerah Kaltara yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPD RI, yakni Dr. Drs. Marthin Billa, MM

Kabarnya, Marthin Billa terus didesak oleh sejumlah partai politik (Parpol) yang dimintanya maju dalam Pilgub-Pilwagub Kaltara menjadi penantang petahana dengan menciptakan poros baru. Namun, Marthin Billa yang sempat menjadi Cawagub Kaltara periode 2015-2020 berpasangan dengan Jusuf SK ini belum memberikan keputusan.

“Ini mengalir saja dan kita lihat saja nanti seperti apa,” tutur Marthin Billa saat dihubungi melalui selulernya pada Jumat siang, (10/07/2020) di Jakarta.

“Saya saat ini masih fokus bekerja sebagai Anggota DPD RI, kalaupun pada akhirnya ikut dalam kontes politik Kaltara, saya tidak takut untuk berhadapan dengan petahana karena dalam ajang politik ini hanya ada kalah dan menang, dan politik¬†itu bukan untuk membalas dendam, tetapi bagaimana kita terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” sambungnya.

Sementara, Mikael yang merupakan Staf Ahli Marthin Billa, menyebutkan bahwa banyak tokoh-tokoh Kaltara dan tokoh partai politik yang mendorong Marthin Billa untuk maju dalam Pilgub Kaltara bahkan parpol yang nantinya akan menjadi penghulu untuk menyandingkan dengan pasangannya.

“Beliau sangat sering dihubungi sama parpol dan tokoh-tokoh Kaltara, meminta beliau untuk maju, beliau ini terus didesak, saya pun heran juga, karena sampai detik ini belum ada tanggapan dari bapak terkait desakan para tokoh ini,” tutur Mikael kepada Newstara.com

Mikael mengatakan sejumlah Parpol dan para tokoh di Kaltara melihat ketokohan Marthin Billa yang kuat dan berpotensi besar untuk memenangkan kontes Pilkada Kaltara periode 2021-2026. Sehingga, ada inisiatif para tokoh untuk menemui dan melakukan audiensi dengan Marthin Billa.

Saat disinggung siapa-siapa saja parpol yang menginginkan Marthin Billa maju dalam Pilgub Kaltara, Mikael belum bisa membocorkannya namun ada 3 partai besar yang kabarnya sering berkomunikasi dengan Mantan Bupati Malinau 2 periode (2 April 2001 – 3 April 2011).

“Mereka mengatakan niatnya untuk merapat dengan Bapak, karena ada berbagai pertimbangan yang matang, Bapak itu orangnya welcome siapa saja yang ingin diskusi pasti beliau terima,” tutur Mikael.

Sekedar informasi, Dr. Drs. Marthin Billa, MM adalah Anggota DPD RI aktif yang menjabat sejak 1 Oktober 2014 saat dirinya dilantik. Pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaetn Malinau (Periode 2 April 2001 – 3 April 2011) dan kelahiran 29 Maret 1954 (Usia 66 tahun), dan anak Artya Fatra, Yurita Hopia, Yuritina Joisa dan Yuritani Hepi.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement



More in Pilkada Kaltara