Connect with us

Pemprov Kaltara

Pastikan Harga Sembako Stabil, Gubernur Sidak ke Pasar Induk

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk, Tanjung Selor, Bulungan, Kamis (17/6/2021).

Sidak yang dilakukan orang nomor satu di Kaltara itu, guna memastikan kestabilan harga kebutuhan pokok di Bulungan.

Pasalnya, berdasarkan laporan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara terdapat kenaikan harga, khususnya komoditi daging ayam dan cabai.

“Kemarin, saya dapat laporan dari DPKP Kaltara kalau harga daging ayam di pasar mengalami kenaikan, maka dari itu saya lagsung melakukan sidak guna memastikan kabar tersebut,” ucap Gubernur Zainal.

Gubernur Zainal menerangkan, selain laporan melonjaknya harga daging ayam di pasar, laporan dari DPKP juga menyebutkan bahwa pihaknya terpaksa harus mendatangkan pasokan daging ayam beku ke Bulungan, guna mengatasi kenaikan harga tersebut.

“Alhamdulillah setelah saya sidak ternyata harga daging ayam di Pasar Induk masih terbilang normal, berkisar Rp42-43 ribu per kilo,” ungkap Gubernur Zainal.

Selain harga daging ayam yang terbilang normal, mantan Wakapolda Kaltara itu memastikan, harga komoditi cabai yang ada di pasar juga masih terbilang normal sampai saat ini.

“Iya kemarin cabai yang dikabarkan harganya naik ternyata masih normal (harganya), semoga saja semua harga kebutuhan pokok di Kaltara ini tetap normal,” bebernya.

Meski hasil sidak ini semua harga kebutuhan pokok masih terpantau normal, Gubernur Zainal menegaskan untuk mengantisipasi lonjakan harga dan kekosongan pasokan, sejumlah komoditi tetap harus didatangkan dari luar Kaltara.

“Contoh pasokan daging ayam dan cabai, jadi kita tetap harus mendatangkan stok dari luar,” tegasnya.

Sementara itu, disinggung terkait adanya temuan perdagangan ilegal antar negara khususnya di Kaltara yang berbatasan dengan Tawau, Malaysia, Gubernur Zainal mengungkapkan, dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara tegas menolak perdagangan ilegal itu.

“Perdagangan ilegal itu merugikan negara dan daerah, jadi Pemprov Kaltara tidak akan mengakomodir pelaku perdagangan ilegal,” bebernya.

Seharusnya, tambah Gubernur Zainal, para pelaku perdagangan ilegal yang ada di Kaltara ini harus berupaya melegalkan usahanya, sehingga dapat memberikan kontribuso untuk negara dan daerah.

“Kan mereka bisa datang ke instansi terkait, urus semua surat atau perizian biar usahanya menjadi legal,” ungkap Gubernur Zainal.

Dalam sidak kali ini, Gubernur Zainal juga memberikan sedikit catatan serius khususnya masalah kebersihan pasar, kepada pihak pengelolah Pasar Induk dan para pedagang.

“Kan belum lama ini saya sudah serahkan bantuan 2 unit mesin pompa air, jadi kebersihan pasar ini tolong dijaga, bila perlu habis berjualan langsung dibersihkan tempatnya,” pungkasnya. (mil/dkisp.kaltara)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pemprov Kaltara