Connect with us

Pilkada Kaltara

PDIP Kaltara Lirik Koalisi Gerindra dan Hanura

Newstara.com TARAKAN – Sekretaris DPD PDIP Kaltara, Norhayati Andris mengatakan saat ini partainya memiliki 5 kursi di DPRD Kaltara, namun dalam persyaratan KPU bahwa perolehan suara minimal 7 kursi bagi partai yang diperbolehkan, untuk mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara periode 2020-2025, sehingga pilihannya adalah berkoalisi dengan partai lain untuk menambah kekurangan 2 kursi lagi.

Politisi perempuan yang juga Ketua DPRD Kaltara sementara ini juga menyebutkan bahwa partainya tidak pilah-pilih soal koalisi dengan partai lain. Apalagi, untuk meraih kemenangan dalam Pilgub Kaltara maka yang dibutuhkan adalah suara-suara dari partai koalisi.

“Kita lihat bahwa tiga partai besar di Kaltara ini seperti PDIP, Hanura dan Gerindra akan ikut mewarnai Pilkada, sehingga kalau bisa kita harus koalisi, bahkan bila perlu semua partai juga kita koalisi, maunya begitu tapi kan setiap partai ada mekanisme dan juga melihat kondisi kedepan, ini juga masih lama tahun depan, persiapan masih kita lakukan sampai saat ini,” ucapnya kepada Newstara.com pada Rabu sore, (18/09/2019) melalui selulernya.

Norhayati mengatakan erat kaitannya saat berbicara tentang koalisi partai dengan Cagub dan Cawagub yang akan di usung PDIP. Namun, saat Surat Rekomendasi sudah dikeluarkan oleh DPP PDIP maka calon juga sudah harus menyiapkan pilihan partai koalisi tersebut.

“Kami di DPD tidak akan mengeluarkan surat rekomendasi, kami hanya mengantarkan seluruh berkas Cagub Cawagub ke DPP, nanti Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri akan melihat rekam jejak, kapasitas dan kapabilitas si calon karena profer test nya di DPP, dan mungkin sebelumnya survey internal dulu,” ujarnya.

“Dan siapapun nanti yang akan kami usung, kama dia juga harus menyiapkan partai koalisi lainnya,” tambahnya.

Sekedar informasi, hasil penjaringan sejak sepekan terakhir bahwa sudah ada 6 calon yang mengembalikan berkas formulir, mereka antara lain Jusuf Serang Kasim, H. Udin Hianggio, Irianto Lambrie, Dato Yaser Undunsyah dan H Abdul Hafid Achmad. Dan menyusul dalam waktu dekat Jhonny Laing Impang yang juga Ketua DPD PDIP Kaltara.

Reporter : Yoko Handani

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada Kaltara