Connect with us

Pemprov Kaltara

Penegasan Batas Laut Indonesia, Gubernur Pimpin Upacara HUT RI ke-76 di Karang Unarang

NUNUKAN – Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 yang mengangkat tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

TNI AL melalui Lantamal XIII dan Lanal Nunukan menggelar upacara perayaan di tapal batas negeri, tepatnya di Perairan Ambalat (ambang batas laut) Indonesia-Malaysia 9 mil disebelah tenggara Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Selasa (17/8).

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang bertindak sebagai Inspektur Upacara diatas kapal KRI I Gusti Ngurahrai-332 Satkor Koarmada II.

“Kalimantan Utara ini merupakan etalase Indonesia paling utara, punya batas laut dan darat,” jelas Gubernur Zainal.

“Kita laksanakan upacara hari ini di salah satu patok dasar ambalat Indonesia yaitu di Karang Unarang,” tambahnya.

Gubernur pun menyampaikan rasa bangganya karena dapat merayakan hari kemerdekaan RI di Karang Unarang dengan lancar dan khidmat.

“Alhamdulillah semua unsur maritim yang ada di Kaltara. Kami sampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada panglima TNI, Kasal, Guspurla,” imbuhnya.

Perayaan HUT RI ini pun melibatkan puluhan nelayan dari Kampung Mamolo untuk berpartisipasi sebab turut menjaga perbatasan laut.

Selain KRI I Gusti Ngurahrai-332 yang dijadikan sebagai sentral pelaksanaan upacara, KRI Singa-651 Satkat Koarmada II.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, unsur Forkopimda Kaltara, para Pejabat Utama Lantamal XIII, FKPD Kab. Nunukan dan instansi terkait lainnya. (el.r/dkispkaltara)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Pemprov Kaltara