Connect with us

Kaltara

Penghitungan Suara, KPU : Sirekap Jadi Alat Bantu

Newstara.com TARAKAN – Simulasi Penghitungan dan Pemungutan Suara serta Penggunaan Aplikasi Sirekap bertujuan untuk memantapkan kesiapan saat Pilkada Serentak mendatang, Sabtu (21/11/2020).

Dihadiri Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Se-Kota Tarakan dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Tarakan di SMPN 2 Tarakan, pihaknya memberikan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WITA.

“Jadi simulasi ini secara nasional di seluruh TPS Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh KPU RI. Kita harus optimis Pilkada dapat berjalan lancar, semua by proses. Selanjutnya akan ada simulasi penggunaan aplikasi Sirekap secara nasional, untuk melihat kemampuan atau cara kerja Sirekap yang nanti akan digunakan oleh rekan-rekan KPPS”, ungkap Taufik Komisioner KPU Kota Tarakan Divisi Penyelenggara Teknis Pemilu.

Untuk memudahkan Penghitungan dan Pemungutan Suara, KPU RI menerapkan aplikasi sebagai alat bantu.

“Sirekap sebagai alat bantu KPU untuk mempersingkat dan mempermudah proses dalam penghitungan. Alat ini akan mendeteksi jika ada kesalahan isi. Jadi hanya sebagai alat bantu bukan sebagai hasil yang sah,karena di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga ada rekapitulasi berjenjang, lanjutnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan berkomitmen mensukseskan Pilkada mendatang terutama di masa pandemi.

“Dalam simulasi ini, kami memastikan bersama publik bahwa pemungutan suara tanggal 9 Desember tentu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yang kedua adalah mendeteksi potensi-potensi celah yang harus kita antisipasi saat hari H, misalkan guyuran hujan. Memang potensi terjadi guyuran hujan saat pelaksanaan nanti. Jadi langkah antisipasi apa yang kita lakukan saat terjadi hujan, seperti menyiapkan plastik bening untuk melapisi atau kita memilih lokasi TPS yang terhindar Ari Banjir”, tuntas Taufik ditengah agenda yang dibuka oleh Walikota Tarakan tersebut.

Reporter : Kristianto Triwibowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kaltara