Connect with us

Pemprov Kaltara

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Gubernur Beri Semangat Warga PSTW Marga Rahayu

TANJUNG SELOR – Bertempat di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Marga Rahayu, Rabu (9/6) berlangsung kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 ke 25. Meskipun HLUN jatuh pada 29 Mei, namun tidak mengurangi antusiasme dan khidmat dari kegiatan tersebut.

Selain dihadiri oleh warga lanjut usia (lansia), acara tersebut juga dihadiri langsung Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang. Hadir juga ketua tim penggerak PKK Kaltara, Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia Kaltara, Ketua Dharma Wanita Pusat, Pimpinan PT. PLN Persero Kaltara, Pimpinan Bank Kaltimtara, dan Pimpinan Bank BRI.

Kegiatan Peringatan HLUN dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Lansia. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan panitia pelaksana oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltara Heri Rudiyono.

“Maksud dari tema tersebut adalah, keluarga merupakan lembaga sosial terkecil yang menjadi tempat kehidupan bagi setiap orang, dan orang tua lah yang menjadi penjuru generasi muda sebagai panutan,” ujar Heri dalam acara bertema ‘Lansia Bahagia Bersama Keluarga’ tersebut.

Berdasarkan data kesejahteraan sosial terdapat 4.531 Lansia di Kabupaten Bulungan, 723 Lansia di Kabupaten Tana Tidung, 3.488 Lansia di Kabupaten Malinau, 5.065 Lansia di Kabupaten Nunukan, dan 4.531 Lansia di Kota Tarakan.

Sedangkan jumlah lansia yang ada di PSTW Marga Rahayu adalah 34 orang, yang terbagi menjadi 22 orang lansia dengan kondisi kesehatan yang baik dan 12 orang lansia dengan kondisi Bedridden atau hanya dapat berbaring ditempat tidur.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang mengemukakan bahwa jumlah lansia yang tersebar Kaltara tidak sedikit.

“Dinas Sosial agar selalu berinisiasi dan berkreasi agar kedepannya para lansia ini mendapatkan peluang dimasa masa tuanya, dan dapat tetap hidup sehat dan tetap berkarya,” ujarnya.

“Umur boleh tua, semangat tetap muda,” sambung Zainal sembari menutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan langsung secara simbolis oleh Gubernur Kaltara didampingi pimpinan PT. PLN Persero Kaltara kepada perwakilan Lansia di PSTW Marga Rahayu.

Ditemui usai kegiatan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltara Heri Rudiyono membeberkan sedikit rencana Pemprov Kaltara terkait pengembangan PSTW Marga Rahayu.

“Kita sudah membuat perencanaan untuk merehab bertahap. Khususnya pembangunan wisma khusus. Kisaran anggaran yang dibutuhkan sekitar 2 Miliyar. Wisma khusus dibagi menjadi 2 untuk kakek dan nenek. Sementara ini fokus masih terbagi ke penanganan Covid-19,” pungkasnya. (el.r/dkisp.kaltara)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pemprov Kaltara