Connect with us

Pilkada

Pilgub Kaltara, 5 Kandidat Bersaing Rebut Dukungan PAN

JSK saat mengembalikan berkas penjaringan Pilkada Kaltara ke PAN. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2020-2025 memasuki tahapan pengembalian berkas disejumlah partai politik. Kali ini, Partai Amanat Nasional (PAN) cukup diminati oleh sejumlah kandidat atau bakal calon (Balon), dan yang mengembalikan berkas adalah Yunus Abbas, Udin Hianggio, Undunsyah, Irianto Lambrie, Jusuf Serang Kasim (JSK) dan rencananya besok pada Kamis, (31/10/2019) tim Abd Hafid, Ibnu Saud dan H. Latinro Latunrung akan mengembalikan berkas.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada PAN Kaltara, Sabar Santuso mengatakan kandidat yang sudah mengembalikan formulir dan berkas kelengkapannya akan segera memasuki tahapan penjaringan, antara lain paparan visi misi yang dikemas dalam acara bedah visi misi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Adapun panelis dalam paparan tersebut berasal dari internal PAN dan akademisi di Kaltara, dan untuk masing-masing kandidat diberikan sesi waktu selama tiga jam,” tutur Sabar Santuso kepada Newstara.com pada Rabu siang, (30/10/2019) di Sekretariat Tim Penjaringan Pilkada DPW PAN Kaltara.

“Sehingga, dalam batas waktu terakhir besok si Balon tidak mengembalikan berkas maka akan kita anggap gugur,” tambahnya.

Makbul, SE sebagai Tim Pilkada DPW PAN Kaltara menambahkan setiap panelis diberikan kesempatan untuk dapat merespon visi dan misi para kandidat tersebut dan memberikan penilaian. Setelah paparan visi misi maka panitia melakukan persiapan untuk survey internal, yang mencakup pada semua nama kandidat yang mengembalikan berkas pendaftaran.

“Panelis akan memberikan respon terkait visi misi kandidat, setelah itu PAN akan melakukan survey internal se-Provinsi Kaltara yang terdiri dari satu kota dan empat kabupaten,” ucap Makbul, SE kepada Newstara.com

Setelah dilakukan paparan visi misi dan survey internal maka tahapan selanjutnya adalah penetapan Pleno DPW PAN Kaltara dalam meng-ekspose hasil penjaringan tim ke DPW PAN Kaltara. Lalu, tahapan selanjutnya DPW bersama tim akan segera menindak lanjuti rekomendasi penentuan bakal calon ke DPP PAN.

“Sampai saat ini kita masih menunggu balon lain untuk mengembalikan berkas, antara lain pak Ibdu Saud, pak H. La Tunrung Latinro dan pak Ahmad Kartadi,” tutur Makbul, SE.

Jadwal Tim Penjaringan Pilkada PAN Kaltara :

Tanggal 1 November 2019 (Pukul 14.00 Wite)
Teknikal Meeting Tim Kandidat

Tanggal 8-9 November 2019
Paparan Visi Misi Kandidat

Tanggal 19 Nov 2019 hingga 19 Des 2020
Survey Internal Kandidat

Tanggal 19 Des 2020
Pleno Tim Penjaringan Pilkada DPD dan DPW PAN

Bulan Januari-Maret
Penyerahan Rekomendasi dan Kandidat ke DPP PAN

Reporter: Yoko Handani

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada