Connect with us

Pilkada Kaltara

Pilkada Kaltara, PKS Beberkan 3 Balon Potensial Di Pemira Dan Penjaringan

Sekretaris PKS Kaltara Syamsuddin Arfah bersama H. Udin Hianggio. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Utara memiliki 3 kursi di legislatif dan sekaligus menjadi salah satu partai yang cukup diperhitungkan dalam kontestasi politik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara periode 2020-2025 mendatang. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa partai tersebut ternyata sudah melakukan Pemilihan Raya (Pemira) secara internal dimasing-masing kabupaten dan kota se Provinsi Kaltara.

Hasilnya, ada tiga nama yang paling menonjol dan paling potensial akan mendapat rekomendasi dari PKS, mereka antara lain H Irianto Lambrie, H Udin Hianggio dan Jusuf Serang Kasim (JSK). Bahkan, ketiga nama itu pun sudah mendaftar secara resmi dalam penjaringan Pilkada yang dibuka PKS sejak beberapa hari lalu.

Sekretaris PKS Kaltara, Syamsuddin Arfah mengatakan Pemilihan Raya (Pemira) adalah sebuah vooting atau pemilihan yang dilakukan untuk internal partai, tujuannya untuk mengetahui calon mana yang di inginkan kader PKS untuk masing-masing Kabupaten Kota, namun hasilnya berbeda antara satu kota dengan kota lainnya. Sementara, dibukanya pendaftaran penjaringan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana tokoh atau calon tersebut bersedia di usung oleh PKS.

“Kan begini kalau kita akumulasikan masing-masing kota beda pemilihan di Pemira itu, dan saat ini kita buka pendaftaran karena belum tentu si tokoh yang disebutkan dalam hasil Pemira itu bersedia di usung sama PKS, dan saya sebutkan ada tiga nama seperti pak Irianto, pak Udin dan pak Jusuf, kalau kita tidak membuka penjaringan kami nggak mau istilahnya bertepuk sebelah tangan,” ujarnya.

“Saya hanya sebutkan tiga nama saja hasil Pemira, karena tidak tepat rasanya dan kode etiknya saya juga tidak bisa katakan siapa paling tertinggi se Kaltara, dan ini semua nama-nama sudah kita mamsukkan, seperti pak Zainal, pak Undun, pak Haji Hafid juga,” tambahnya.

Syamsuddin Arfah mengatakan internal partai juga akan menggelar survey untuk mengetahui sebera besar keinginan masyarakat untuk memiih calon yang akan di usung oleh PKS tersebut. Dan dipastikan ketiga nama beserta calon-calon pendamping untuk posisi calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan ditampilkan.

“Parpol akan melakukan survey, ini kan dari masyarakat seperti apa kita lihat responnya, tapi kalau untuk Pemilihan Raya kan hanya untuk internal saja, namun kita akui juga tidak semua paham dan mengetahui si calon serta kondisi pemerintahan, mangkanya kita butuh survey se-Kaltara nanti,” ujarnya.

Reporter: Yoko Handani

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada Kaltara