Connect with us

Covid-19

Positif 92 Orang se-Kaltara, Waspada Banyak OTG Terinfeksi Covid-19

Juru Bicara Covid-19 Kaltara Agust Suwandy. (Ft. Dok)

Newstara.com BULUNGAN – Provinsi Kalimantan Utara hingga Rabu siang, (29/04/2020) angka orang yang terinfeksi Coronavirus Disease (Covid-19) sudah mencapai 92 orang se-Kaltara. Dan dari keterangan Juru Bicara Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy bahwa dari beberapa kasus cukup banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) yang justru menularkan kepada orang lain.

Mereka yang sudah terinfeksi tidak menunjukkan gejala pada umumnya seperti demam, batuk, sesak napas hingga lemah. Namun, kasus seperti ini perlu tetap diwaspadai dan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terkait perilaku-perilaku untuk mencegah penularan atau transmisi dari orang per orang.

“Anjuran dan himbauan pemerintah harus tetap dijalankan secara Physical dan Social Distancing, ini betul-betul harus kita terapkan dan masyarakat semuanya selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah dan selalu mencuci tangan jika diperlukan,” ucap Agust Suwandy.

“Kami sampaikan bahwa dari sekian banyak kasus yang positif adalah dari mereka yang dinyatakan OTG atau orang tanpa gejala sehingga kita semua perlu mewaspadai kemungkinan adanya penularan dari orang-orang disekitar yang tanpa bisa diketahui berjalan tanpa adanya gejala dan ini kita harus menerapkan apa yang saya sampaikan tadi,” tutur Agust Suwandy mengulang himbauannya untuk masyarakat di Kaltara.

Saat ini data untuk perkembangan angka jumlah kumulatif Covid-19 yakni pasien positif Virus Corona Disease (Covid-19) yakni 92 orang se Kaltara, diantaranya Kota Tarakan sebanyak 27 orang, Malinau 6 orang, Nunukan 35 orang, Tana Tidung 0 orang, sementara Kabupaten Bulungan ada penambahan menjadi 24 orang.

“Sehingga total untuk yang positif saat ini berjumlah 92 orang, ada tambahan dari Bulungan 2 orang,” tutur Agust Suwandy.

Ini dia rinciannya dari Gugus Tugas Covid-19 per 29 April 2020:

Positif : 92 orang (se-Kaltara)
a. Tarakan 27 orang
b. Malinau 6 orang
c. Nunukan 35 orang
d. Tana Tidung 0 orang
e. Bulungan 24 orang.

PDP : 32 orang (se-Kaltara) :
a. Tarakan 4 orang
b. Malinau 7 orang
c. Nunukan 1 orang
d. Tana Tidung 0 orang
e. Bulungan 20 orang

OTG : 447 orang (se-Kaltara) :
a. Tarakan 194 orang
b. Malinau 46 orang
c. Nunukan 73 orang
d. Tana Tidung 13 orang
e. Bulungan 121 orang

ODP : 154 orang (se-Kaltara) :
a. Tarakan 93 orang
b. Malinau 12 orang
c. Nunukan 16 orang
d. Tana Tidung 5 orang
e. Bulungan 28 orang

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement








More in Covid-19