Connect with us

Kaltara

Pulang Kampung, Zainal A. Paliwang Terharu Meneteskan Air Mata Melihat Masjid yang Dibangunnya Berdiri Kokoh Dan Ramai

Newstara.com SINJAI BARAT – Sebuah mesjid berdiri kokoh di lahan yang tidak seberapa luas yang dilengkapi tempat berwudhu para pria dan wanita serta beberapa fasilitas toilet, layaknya sebuah Masjid pada umumnya. Namun, uniknya masjid yang terletak di daerah Manipi, Kabupaten Sinjai Barat, Provinsi Sulawesi Selatan itu bertuliskan dipapan nama “NUR ZAINAL”.

Usut punya usut, ternyata Kabupaten Sinjai Barat adalah kampung halaman Zainal A. Paliwang dimana daerah ini sempat menjadi tempat yang digemari keluarga Zainal A. Paliwang karena orang tuanya tinggal di daerah Manipi. Dan masjid tersebut ternyata dibangun oleh Zainal A. Paliwang, dan warga sekitar mengambil nama NUR dari nama ibunda yakni Nurbaya dan Zainal adalah nama depan Zainal Arifin Paliwang.

Bangunan Masjid itu sekarang cukup ramai dikunjungi warga sekitar maupun orang-orang yang melintas dari luar kota, yang sekedar mampir untuk menunaikan sholat lima waktunya. Dan Zainal A. Paliwang tidak pernah berpikir untuk menjadi Kepala Daerah di Provinsi Kaltara, tapi dedikasinya untuk umat Muslim teramat besar karena masjid itu dibangunnya saat masih menjabat sebagai AKBP yakni sekitar tahun 2006 lalu.

“Iya waktu itu suami saya nggak ada kepikiran untuk mencalonkan diri jadi Kepala daerah di Kaltara, beliau (Zainal A. Paliwang, red) memang orangnya cepet kalau sedekah ke masjid atau tempat ibadah lain, saya akui itu dan ini bangunan beliau membangunnya pelan-pelan, karena digunakan sebagai tempat ibadah, menambah pahala,” ucap Hj. Rachmawati Zainal A. Paliwang kepada Newstara.com pada Rabu siang, 16/09/2020) melalui selulernya.

“Dan kami sudah lama tidak pernah berpikir masjid ini masih berdiri kokoh, sampai saya dan suami pulang kerumah orang tua di Sinjai, terus kita lihat ternyata masjidnya masih berdiri kokoh,” sambung Hj. Rahma.

Zainal A. Paliwang beserta istri pun merasa senang dan bahagia, bahwa banyak kenangan di kampung halamannya yang bisa dijadikan pelajaran. Bahkan, saat melihat sebuah masjid yang dibangunnya dulu dan masih berdiri kokoh, tidak terasa ternyata air mata seorang Jenderal di Mabes Polri inipun menetes dari kedua matanya.

“Saya melihat Suami saya matanya sempat berkaca-kaca dan menetes air matanya waktu melihat bangunan masjid, dan mungkin beliau terharu, senang dan bahagia bahwa masjid yang dibangunnya dulu waktu masih berpangkat AKBP, ternyata masih berdiri kokoh, dan masih digunakan sampai sekarang, alhamdulillah,” tutur Hj. Rahmawati yang setia mendamping suaminya bertugas.

Sekedar informasi, Kabupaten Sinjai Barat Provinsi Sulawesi Selatan merupakan daerah yang cukup sejuk dan daerah ini merupakan pengembangan sayur mayur karena ditopang dengan lahan yang subur serta sistem penanaman perkebunan yang baik, alhasil Sinjai menjadi daerah pemasok sayur dan buah-buahan seperti kol, wortel, tomat, lombok dan buah-buah mangga hingga rambutan dan kelengkeng.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Kaltara