Connect with us

Bulungan

Rekapitulasi Suara Pilgub Di Kabupaten Bulungan, Zainal-Yansen Unggul Mutlak

Newstara.com TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (14/12/2020) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Bulungan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kaltara yang di Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor.

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani mengatakan, setiap tahapan Pilkada di Bulungan pihaknya sangat memperhatikan protokol kesehatan dan telah diterapkan dengan baik. Rekapitulasi di tingkat Kabupaten dilakukan hari ini setelah perhitungan digelar pada tingkat PPS dan 10 PPK di tingkat kecamatan setelah Pilkada serentak 9 Desember 2020.

“Hari ini untuk perhitungan hasil Pilgub Kaltara, KPU Bulungan hanya lakukan rekapitulasi saja yang hasilnya nanti diserahkan ke KPU Kaltara untuk di tetapkan”, tutur Lili Suryani.

Lanjutnya, jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu mengalami penurunan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bulungan sebanyak 96.098 pemilih. Jumlah tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi dari 10 kecamatan berdasarkan laporan dari tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bulungan.

“Dari jumlah DPT yang ada, jumlah partisipasi pemilih hanya mencapai 72 ribu pemilih (74%). Jumlah ini mengalami penurunan dibanding Pileg 2019 lalu dan tidak sesuai dengan target KPU yakni 85 persen dari jumlah pemilih. Hal ini dipengaruhi oleh wabah pandemic COVID-19, sehingga masyarakat enggan ke TPS”, sambungnya.

Dijelaskannya, hasil rekapitulasi perhitungan Pilgub Kaltara untuk Kabupaten Bulungan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 3 Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum-Dr. Yansen TP, M.Si unggul dengan perolehan 32.758 suara, disusul Paslon nomor urut 2 Dr. H. Irianto lambrie-H. Irwan Sabri, SE 20.298 suara dan paslon nomor urut 1 H. Udin Hianggio, B.Sc-Undunsyah 17.477 suara.

“Baru KPU Bulungan yang telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara pada Pilgub, penetapannya nanti diumumkan oleh KPU Kaltara”, pungkasnya.

Reporter : Hendi Rustandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Bulungan