Connect with us

Pemprov Kaltara

RSUD Tarakan Resmi Berganti Nama Menjadi RSUD dr. H. Jusuf SK

TARAKAN – Seperti yang pernah disampaikan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang beberapa waktu lalu perihal pergantian nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan akhirnya resmi berganti nama menjadi RSUD dr. H. Jusuf SK. Peresmian dilakukan langsung oleh Gubernur Zainal dengan melakukan penandatanganan prasasti di Ruang Pertemuan lantai 6 UPTD RSUD dr. H. Jusuf SK, Senin (6/12/2021) kemarin.

Turut hadir dalam peresmian tersebut keluarga besar almahrum dr. H. Jusuf SK seperti istri Hj. Elisabeth Venny didampingi putrinya dr. Ari Yusnita. Tampak rasa haru tak dapat terbendung ketika nama dr. H. Jusuf SK resmi disematkan menjadi nama RSUD milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Gubernur Zainal menjelaskan mengenai tahapan-tahapan yang ditempuh dalam pemilihan hingga pemberian nama sudah sesuai dengan tahapan yang pada prosesnya tidak membutuhkan waktu lama.

“Jadi, itu sudah melalui proses sudah diputuskan bahwa nama beliau (dr. H. Jusuf SK, red) kita taruh di rumah sakit ini untuk mengenang jasa-jasa beliau,” ujar pria kelahiran 6 Desember 1962 ini.

Gubernur Zainal menuturkan bahwa almarhum Jusuf SK selama menjadi dokter dikenal tidak pilih kasih. Beliau selalu melayani semua pasien tanpa melihat latar belakangnya termasuk pasien yang kurang atau tidak mampu akan tetap dilayani tanpa mengharap imbalan.

“Tadi pagi saya sudah tandatangan surat keputusan untuk nama RSUD ini, selanjutnya beliau juga pernah menjadi direktur di RS ini dan seorang dokter. Kemudian beliau juga merupakan akademisi dan salah satu penggagas berdirinya UBT (Universitas Borneo Tarakan). Kemudian beliau 2 periode menjadi Walikota Tarakan dan selama beliau menjabat perubahan Kota Tarakan begitu cepat,” tuturnya.

Bukti nyata peranan Jusuf SK dalam pembangunan dapat dinikmati hingga kini. Tak lepas dari tangan dingin sosok Jusuf SK. Sehingga ini menjadi beberapa faktor dipilihnya nama RSUD dr. H. Jusuf SK.

“Jadi dari beberapa faktor inilah kita ambil dalam rapat dalam tim hingga diputuskan dalam rapat itu memang pantas RSUD ini diberi nama dr. H. Jusuf SK,” terangnya.

Gubernur Zainal berharap dengan pergantian nama RSUD ini, akan ada peningkatan pelayanan dengan motivasi semangat juang yang ditunjukan Jusuf SK semasa hidup agar kedepannya dapat membantu meningkatkan mutu kesehatan masyarakat bumi Benuanta.

“Dengan adanya nama (dr. H. Jusuf SK, red) dokter-dokter, perawat-perawat, dan semua pegawai yang ada di RSUD ini harus memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat yang ingin melakukan pengobatan disini,” pungkasnya.

Disela kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis alat kesehatan dari Yayasan Save The Children Indonesia kepada Pemprov Kaltara, Palang Merah Indonesia (PMI) Tarakan dan Pemkot Tarakan. (el.r/dkisp.kaltara)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
Advertisement

More in Pemprov Kaltara